Ketika Diet Mayo Merambah Instagram

Kompas.com - 27/04/2015, 16:16 WIB
Menu diet mayo yang diunggah di Instagram Healthy BentoMenu diet mayo yang diunggah di Instagram
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya hidup sehat menjadi tren di kalangan masyarakat urban beberapa tahun belakangan. Running shoes dan celana training yang seyogyanya digunakan berolahraga, beralih jadi ikon fesyen untuk jalan-jalan ke mal atau nongkrong di cafe.

Di ranah kuliner, infuse water dan diet mayo menjadi obrolan hangat. Diet mayo adalah paket diet 13 hari tanpa mengkonsumsi garam dan air es. Diperkenalkan oleh Mayoclinic di Amerika Serikat, cara ini diklaim bisa menurunkan berat badan hingga 6 kilogram sekaligus menghilangkan racun dalam tubuh.

Gelagat tren diet mayo diendus Stefani Sidharta. Segera setelah menyelesaikan kuliah di Universitas Bina Nusantara, Stefani memutuskan terjun ke bisnis catering diet mayo bersama rekannya, Firmansyah.

Popularitas diet mayo dimulai dari Instagram

Sejak akhir tahun lalu, distribusi informasi ihwal diet mayo mengalir deras lewat beragam media sosial, utamanya Instagram. Hingga kini, lebih dari 36.000 foto dengan tagar #dietmayo bertebaran di Instagram.

Menurut Stefani, ini karena hampir semua anak muda memiliki Instagram. Biasanya, jika suatu produk masuk ke ranah anak muda dan menjadi populer, produk tersebut bakal menjalar sebagai tren untuk semua kalangan.

Melihat peluang yang menjanjikan, pada 18 Agustus 2014, Stefani dan Firmansyah resmi mendirikan catering makanan sehat yang diberi nama "Healthy Bento". Catering yang mengandalkan penjualan lewat jalur online, khususnya Instagram, berpusat di Apartemen Mediterania Tanjung Duren. 

Healthy Bento Tampilan akun Instagram Healthy Bento

"Kami sempat melakukan riset media sosial. Hasilnya yang cocok untuk jualan adalah Instagram. Kemudian diikuti Facebook dan Twitter," kata Stefani pada KompasTekno, pekan lalu.

Tak sampai setahun, Healthy Bento telah memiliki 1143 pengikut Instagram yang kebanyakan menjadi pelanggan setia. Dalam ekspansi pasarnya, Healthy Bento mengoptimalkaan penggunaan tagar. Menurut Stefani, fitur tersebut sangat efektif untuk menarik massa.

"Hampir semua orang yang melakukan pembelian produk mengenal kami dari tagar Instagram. Hanya sedikit sekali pelanggan kami yg memperoleh informasi produk dari teman atau situs," ia menjelaskan.

Erakartika Tampilan akun Instagram Erakartika

Hal ini diamini Kartika, pemilik catering diet mayo "Erakartika" yang berdomisili di Surabaya. Menurutnya, tagar di Instagram mempermudah netizen untuk mengakses produk yang dicari. "Instagram adalah media yang paling tepat untuk memasarkan produk dan lebih gampang laku. Kalau seseorang ingin mencari barang, cukup ketik tagar produk yang diinginkan. Lalu produk itu akan muncul," ia menjelaskan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X