Kompas.com - 07/08/2015, 20:21 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tampilan dua sistem operasi mobile Apple iOS dan Android sejatinya berbeda. Namun, banyak orang yang kesulitan membedakan kedua OS tersebut, hanya dari tampilannya.

Buktinya terlihat dari sebuah video yang diunggah oleh dua orang asal Belanda ke YouTube. Dua orang tersebut, berusaha membuktikan hal tersebut melalui sebuah eksperimen yang dilakukannya.

Mereka menyiapkan satu unit ponsel Android. Tidak dijelaskan, versi Android yang digunakan. Akan tetapi, kepada para responden, disebutkan ponsel Android tersebut adalah iPhone yang menggunakan iOS 9 -- yang sebenarnya belum dirilis oleh Apple.

Nyatanya, banyak yang tertipu dengan "tipuan" tersebut. Terlihat pada video, para responden yang beberapa diantaranya diduga "Apple fanboy" benar-benar percaya bahwa iPhone tersebut sudah menggunakan iOS 9.

Uniknya lagi, sebagaimana KompasTekno rangkum dari AndroidCommunity, Jumat (7/8/2015), banyak dari responden yang mengaku menyukai tampilan baru dari "iOS 9" palsu tersebut.

Bahkan, banyak yang bilang tampilan OS Apple sekarang lebih baik ketimbang iOS 8. Ya, bisa dikatakan, mereka memuji antarmuka Android lebih baik ketimbang iOS.

Ada juga yang menyatakan bahwa fitur yang ada di "iOS 9" itu sudah lebih baik dengan dihadirkannya fungsi reboot. "Iconnya terlihat baik," ujar salah satu responden.

Beberapa orang dari responden terlihat merupakan fanboy Apple. Pasalnya, mereka membuat pernyataan, produk yang dikeluarkan oleh Apple biasanya selalu lebih baik dari produk lain. Saat ditanya alasannya, responden menjawab karena produk Apple itu keren.

Menariknya, ada satu orang yang mengaku sebagai penggemar setia produk Samsung. Dia mengakui bahwa "iOS 9" Android itu sebenarnya terlihat bagus dan keren. Tetapi ia tetap memilih produk Samsung, tanpa menyadari bahwa sebenarnya sedang melihat OS Android.

Anda bisa menyaksikan seluruh adegan tersebut dalam video berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.