Jaringan 4G LTE Telkomsel Segera Hadir di 4 Kota Ini

Kompas.com - 10/10/2015, 12:41 WIB
|
EditorOik Yusuf

MANADO, KOMPAS.com - Setelah meresmikan komersialisasi 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di Manado, Telkomsel sudah bersiap-siap untuk menghadirkannya di empat kota lain. Rencananya pengoperasian internet cepat itu akan dilakukan sebelum tahun 2015 berakhir.

"Setelah ini (kota Manado), layanan 4G LTE kami akan dikembangkan di empat kota, yaitu Batam, Yogyakarta, Balikpapan dan Pekanbaru," ujar Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid di sela-sela peluncuran 4G LTE di Manado, Jumat (9/10/2015).

Dia tidak mengungkap lebih jauh soal kota mana yang akan lebih dulu mendapatkan 4G LTE. Namun menurutnya, mereka memilih penyelenggaraan dengan mempertimbangkan antara lain potensi jumlah pengguna 4G LTE di kota tersebut, atau penetrasi ponsel yang mendukung frekuensi yang digunakan.

Pertimbangan seperti itu pula yang menurut Mas'ud akhirnya membuat mereka memilih Manado, ketimbang Yoogyakarta. Telkomse mencatat di Kota Tinutuan tersebut total terdapat 587 ribu pengguna, 45 persennya adalah pelanggan layanan data dan sekitar 30 ribu orang sudah memakai ponsel 4G LTE.

"Bisnis kita kan ada ekosistemnya, ketersediaan handset itu sesuatu yang penting. Misalnya kalau di Sulawesi Utara belum tersedia, layanan tidak akan efektif. Karena itu kota-kota lain yang jumlah penetrasi 4G LTE-nya sudah bagus, kita akan prioritaskan kota itu," ujar Executive Vice President Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan, Bona L.P. Parapat dalam kesempatan yang sama.

Selain Manado, Telkomsel sudah menggelar 4G LTE komersil frekuensi 1.800 MHz di Makassar dan Lombok. Sedangkan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan sudah komersil untuk 4G LTE di frekuensi 900 MHz.

Total base transceicer station (BTS) 4G LTE yang sudah mereka bangun di kota-kota tersebut total ada 1.200 eNode B. Pelanggan mereka pun mulai menanjak dan sekarang sudah mencapai 1,3 juta orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.