Lagi Susah, Yahoo Malah Buang Rp 7,3 Miliar untuk Marissa Mayer

Kompas.com - 24/05/2016, 13:06 WIB
CEO Yahoo Marissa Mayer bersiap menuang seember air ke kepalanya sendiri dalam rangka memenuhi Ice Bucket Challenge YahooCEO Yahoo Marissa Mayer bersiap menuang seember air ke kepalanya sendiri dalam rangka memenuhi Ice Bucket Challenge
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Bisnis Yahoo tak kunjung membaik sejak satu dekade terakhir. Tahun ini, perusahaan internet yang berjaya di awal era 2000-an tersebut bahkan sampai harus menjual aset bisnis intinya.

Di tengah kesulitan tersebut, Yahoo justru menghamburkan uang dengan meningkatkan anggaran untuk keamanan sang CEO Marissa Mayer pada 2015 lalu.

Fakta ini baru terungkap melalui surat edaran Yahoo untuk para pemegang saham, sebagaimana dilaporkan BusinessInsider dan dihimpun KompasTekno, Selasa (24/5/2016).

Dalam surat tersebut, Yahoo menyebut bahwa biaya keamanan Mayer sepanjang 2015 melonjak menjadi 544.061 dollar AS atau sekitar Rp 7,3 miliar pada 2015.

Baca: Facebook Habiskan Rp 210 Miliar demi Keselamatan Zuckerberg

Sebelumnya, pada 2014, biaya untuk keamanan Mayer hanya sekitar 27.000 dollar AS atau setara Rp 364 jutaan. Apa alasan peningkatan anggaran hingga 20 kali lipat tersebut?

Menurut keterangan pada surat edaran, keamanan Mayer selama 2015 memang perlu diperketat. Pasalnya, CEO perempuan tersebut mengalami beberapa ancaman gangguan serius.

"Mayer menghadapi ancaman keamanan yang spesifik, yang kami yakini kredibel," begitu tercantum pada file. Hingga kini Yahoo belum merespons lebih lanjut ihwal ancaman yang diterima Mayer.

Perbandingan dengan CEO perusahaan teknologi lain

Diketahui, selama ini Yahoo termasuk salah satu perusahaan yang tak banyak menggelontorkan dana untuk para eksekutifnya. Kali ini, biaya keamanan Mayer bahkan mengalahkan CEO Intel Brian Krzanich dan CEO Apple Tim Cook.

Intel hanya menghabiskan sekitar 36.000 dollar AS atau Rp 486 jutaan untuk keamanan Krzanich. Sementara itu, Apple mendanai 209.000 dollar AS atau Rp 2,75 miliar untuk keamanan Cook.

Baca: Orang Terkaya Ketiga Sejagat Mau Beli Yahoo?

Meski begitu, banyak pula perusahaan teknologi kawakan yang tak tanggung-tanggung "membuang" duit demi menjamin keamanan CEO-nya.

Sebut saja Amazon yang membayar 1,6 juta dollar AS (Rp 21 miliar) untuk keamanan CEO Jeff Bezos. Facebook bahkan lebih tinggi, yakni sekitar 4,26 juta dollar AS atau Rp 56 miliar untuk keamanan CEO Mark Zuckerberg,

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X