Kompas.com - 29/06/2016, 12:44 WIB
Penulis Bayu Galih
|
EditorReska K. Nistanto

SHANGHAI, KOMPAS.com - SanDisk memperkenalkan dua kartu penyimpanan microSD terbaru dengan kapasitas penyimpanan 256 GB. Dua produk terbaru tersebut adalah seri Extreme microSDXC UHS-I dan seri Ultra microSDXC UHS-I. Keduanya dirilis untuk dua kebutuhan berbeda.

Keduanya dikenalkan di sela ajang Mobile World Congress (MWC) di Shanghai, China, Rabu (29/6/2016).

SanDisk Extreme microSDXC UHS-I dihadirkan untuk penggunaan ekstrem, seperti drone atau action camera seperti GoPro. SanDisk mengklaim microSD ini memiliki kecepatan kelas 10, dengan kecepatan read and write hingga 100 MB per detik.

Direktur Product Marketing SanDisk, Hon Wai Cheah, mengatakan bahwa kartu ekstrem ini memang dibuat untuk memenuhi kepentingan penyimpanan gambar dengan resolusi super tajam yang dihasilkan drone atau action camera.

"Video berdurasi 4 menit dengan resolusi 4K yang diambil smartphone membutuhkan penyimpanan data lebih dari 1 GB. Untuk action camera seperti GoPro tentu lebih besar," kata Hon Wai Cheah.

Sedangkan SanDisk Ultra microSDXC UHS-I lebih ditujukan untuk penggunaan umum, karena memiliki kecepatan yang lebih rendah, yakni kelas 3 dengan kecepatan read and write hingga 95 MB per detik.

Meski begitu, SanDisk mengklaim kartu penyimpanan itu mampu menulis data 1.200 foto dalam waktu kurang dari 1 menit.

Harga dan ketersediaan

SanDisk akan merilis microSD berkapasitas 256 GB jenis ekstrem pada kuartal empat tahun ini. Harganya dibanderol sekitar 199,99 dollar AS (sekitar Rp 2,6 juta).

Sedangkan microSD Ultra dengan kapasitas 256 GB akan dilepas ke pasar mulai Agustus 2016. Harganya dibanderol sekitar 149 dollar AS (sekitar Rp 2 juta).

Lalu apakah kedua microSD baru dari SanDisk ini akan dirilis untuk pasar Indonesia?

"Kami belum bisa menjanjikan, tapi secara umum kami akan merilis untuk pasar global," kata Hon Wai Cheah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.