Pasang Versi Resmi, Monster di "Pokemon Go" Bakal Terhapus?

Kompas.com - 07/08/2016, 09:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pokemon Go resmi dirilis di Indonesia pada Sabtu, 6 Agustus 2016, atau tepat satu bulan setelah debut internasional game mobile populer tersebut.

Baca: Resmi Masuk Indonesia, Ini Link Download Pokemon Go

Sebelumnya, para pengguna di Indonesia sudah terbiasa memperoleh Pokemon Go lewat jalur lain di luar toko aplikasi resmi Google Play Store dan Apple App Store, yakni dengan mencari file APK (Android) atau mengubah region perangkat iOS menjadi negara yang sudah resmi kebagian.

Nah, bagaimana nasib karakter, koleksi pokemon, dan aneka item yang sudah capek dikembangkan begitu pengguna melakukan instalasi versi resmi dari Pokemon Go di perangkat yang sebelumnya sudah dipasangi game itu dari sumber lain?

KompasTekno mencoba melakukan hal tersebut dengan mencari aplikasi Pokemon Go di Google Play Store.

Sofware Pokemon Go yang terdapat di toko aplikasi Android ini mencantumkan angka versi “0.31.0”, sama dengan versi APK terbaru yang bisa diperoleh lewat sejumlah situs pihak ketiga.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Pokemon Go di Google Play Store bernomor versi sama dengan veri APK terkini, tapi tetap menawarkan update

Meski versinya sama, saat KompasTekno membuka laman Pokemon Go di Google Play Store, toko aplikasi yang bersangkutan menampilkan pilihan untuk “Update”, di samping “Uninstall”.

Setelah memilih “Update”, perangkat akan mengunduh file sebesar 8 megabyte dari Play Store. Kemudian aplikasi bisa langsung dibuka lewat pilihan “Open”.

Apabila pengguna sudah melakukan sign-in sebelumnya lewat akun Google, Pokemon Go yang diunduh dari Play Store akan langsung melakukan sign-in secara otomatis, seperti versi APK saja.

Di dalam game, KompasTekno tak mejumpai perubahan apapun. Baik experience karakter, jumlah pokemon berikut CP masing-masing tetap utuh, begitu juga dengan item di backpack.

Entah perubahan apa yang dilakukan oleh “update” berukuran 8 megabyte tadi. Yang jelas, pemain Pokemon Go tak perlu khawatir mengunduh versi resmi dari Play Store meskipun sudah memasang versi APK sebelumnya.

Hal tersebut juga berlaku untuk Pokemon Go versi iOS. Pemain yang sudah bermain menggunakan Google atau akun Pokemon Trainer Club tidak harus memulai permainan dari awal lagi.

Baca: Ini Alasan Niantic Hapus Fitur Penting Pokemon Go

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.