Kompas.com - 21/12/2016, 16:15 WIB
Sebagian hasil pencarian aplikasi bertema om telolet om di Googe Play Store. GoogleSebagian hasil pencarian aplikasi bertema om telolet om di Googe Play Store.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - "Om telolet om," kalimat singkat itu kini banyak terdengar di media sosial. Fenomenanya pun kini telah mewabah hingga dunia internasional dan melibatkan sejumlah selebritas mancanegara.

Para pembuat aplikasi untuk smartphone pun tak mau ketinggalan. Mereka sudah mulai memajang aneka software yang berkaitan dengan "telolet" di toko aplikasi Android Google Play Store, bahkan sejak beberapa bulan lalu.

Dari penelusuran KompasTekno pada Rabu (21/12/2016), pencarian kata "telolet" di Play Store bakal membuahkan puluhan aplikasi dalam hasil search.

Seusai dengan kata "telolet" yang merujuk kepada bunyi klakson bus antar-kota di Indonesia, sebagian besar berupa aplikasi untuk menghasilkan bunyi-bunyian atau ringtone dengan nada serupa.

Baca: Kumpulan Video Kocak Om Telolet Om yang Ramai di Medsos

Sebagian aplikasi terlihat berhasil mengumpulkan angka download yang relatif banyak. Aplikasi berjudul Klakson Telolet (Big Bus Horn) yang terakhir diperbarui pada akhir Juli lalu, misalnya, memilki angka unduhan lebih dari 500.000.

"Ini adalah simulasi bunyi klakson bus besar di Indonesia. Ada 72 macam bunyi 'telolet', dan 8 lagi yang bisa Anda tambah sendiri dengan tab MOD dan ratusan lagi yang bisa diunduh dengan tab DL," tulis pengembang Klakson Telolet dalam deskripsi aplikasinya.

Aplikasi lain yang bernama Klakson Telolet Po Garuda Mas mengkhususkan diri pada variasi bunyi klakson salah satu pengelola bus antar kota.

"Mereka memiliki berbagai variasi bunyi klakson unik dan menarik seperti lagu dangdut, lagu nasional, dan masih banyak lainnya," sebut si pembikin game menuturkan alasannya fokus kepada pengelola bus dimaksud.

Daftar aplikasi "telolet" selengkapnya bisa dicari di toko Google Play Store dengan memasukkan kata kunci "telolet". Berbeda dari platform Android, toko aplikasi iOS Apple App Store sama sekali tidak memuat aplikasi bertema "telolet"

Baca: Om Telolet Om Justru Jadi Juara di Trending Topic Dunia  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.