Pionir "Pac-Man", Masaya Nakamura Tutup Usia

Kompas.com - 31/01/2017, 11:51 WIB
Game arcade Pac Man. IstGame arcade Pac Man.
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Masaya Nakamura, pendiri perusahaan pencipta permainan legendaris Pac-Man, telah meninggal dunia pada 22 Januari 2017 lalu. Ia meninggal di usianya yang ke-91.

Pengumuman meninggalnya Nakamura diumumkan langsung oleh perusahaan game yang didirikannya, Namco. Tidak disebutkan penyebab meninggal dan tempat ia disemayamkan.

Nakamura mulai membangun "kerajaan" bisnis bernuansa hiburan pada tahun 1955. Kala itu, Jepang baru mulai pulih setelah habis-habisan di Perang Dunia II. Para warga Jepang pun mulai haus akan hiburan dan juga permainan.

Saat itu, Nakamura baru memulai usahanya dengan meletakkan dua buah wahana kuda-kudaan dari kayu untuk anak-anak. Mainan tersebut diletakkannya di atas pusat perbelanjaan.

Time Masaya Nakamura meninggal di usia ke-91
Usaha tersebut pun dikatakan cukup sukses. Oleh karena itu, pada tahun 1960-an, Nakamura mulai mengembangkan bisnisnya. Bekerja sama dengan Mitsukoshi, sebuah rantai pusat perbelanjaan di Jepang, perusahaan Nakamura mulai menaruh berbagai mainan lain, juga di atap pusat perbelanjaan.

Tidak hanya kuda-kudaan, Nakamura mulai menaruh replika mobil lengkap dengan relnya.

Sukses di video game

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nama Nakamura semakin terkenal seiring meningkatnya dunia video game di Jepang. Pada tahun 1970-an, Nakamura mulai memperkerjakan pembuat software di perusahaan yang terus berkembang, Nakamura Manufacturing. Nama perusahaan tersebut kemudian diubah menjadi Namco.

Perusahaan tersebut mengembangkan berbagai game untuk arcade. Di Indonesia sendiri, arcade lebih dikenal dengan nama mesin ding-dong.

Nama Namco, sebagaimana KompasTekno rangkum dari ArsTechnica, Selasa (31/1/2017), semakin meroket saat perusahaan tersebut membeli Atari Japan dari Nolan Bushnell seharga 500.000 dollar AS. Perjanjian itu membuat Namco mendapatkan hak mendistribusikan game bikinan Atari di Jepang selama 10 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.