Kompas.com - 04/11/2017, 09:56 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Akun Twitter pribadi milik Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump sempat hilang beberapa menit pada Kamis (2/11/2017) pukul 5:54 pagi waktu setempat. Akun dengan jumlah pengikut sebanyak 41,7 juta tersebut hilang selama kurang lebih sebelas menit sebelum akhirnya kembali.

Kejadian ini dilaporkan pertama kali oleh seorang Jurnalis MSNBC, Chris Hayes pada akun Twitter-nya.

Cuitan terakhir di akun @realDonaldTrump sebelum mendapat suspend adalah video yang mengumumkan Jerome Powell sebagai kepala Federal Reserve yang baru, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable, Sabtu (4/11/2017).

Baca: Donald Trump Gemar Berceloteh di Twitter, Ini Alasannya

Atas kejadian ini, Twitter melalui akun @TwitterGov segera melakuakn klarifikasi. Awalnya, Twitter menyatakan bahwa hilangnya akun Twitter milik Trump adalah human error yang dilakukan karyawan Twitter.

Setelah menginvestigasi, Twitter memberikan pernyataan tambahan bahwa hilangnya akun Twitter Donald Trump akibat ulah 'iseng' karyawannya di hari terakhirnya bekerja di Twitter.


Baca: Ini Alasan Twitter Tak Pernah Blokir Akun Donald Trump

Mereka berjanji akan mengambil langkah untuk mencegah kejadian seperti ini terulang ke depannya. Namun, beberapa orang justru menyambut 'hangat' aksi mantan karyawan Twitter dan menyebutnya sebagai 'pahlawan'.

Dilansir KompasTekno dari The Guardian, Sabtu (4/11/2017), sebelum ada klarifikasi dari Twitter, banyak spekulasi bermunculan jika Trump menon-aktifkan sendiri akun Twitternya.

Spekulasi lain yang berkembang adalah akun Twitter Trump telah diretas karena menggunakan smartphone berbasis sistem Android yang dikatakan lebih rentan keamanananya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.