Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Twitter Donald Trump Hilang 11 Menit

Kompas.com - 04/11/2017, 09:56 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Akun Twitter pribadi milik Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump sempat hilang beberapa menit pada Kamis (2/11/2017) pukul 5:54 pagi waktu setempat. Akun dengan jumlah pengikut sebanyak 41,7 juta tersebut hilang selama kurang lebih sebelas menit sebelum akhirnya kembali.

Kejadian ini dilaporkan pertama kali oleh seorang Jurnalis MSNBC, Chris Hayes pada akun Twitter-nya.

Cuitan terakhir di akun @realDonaldTrump sebelum mendapat suspend adalah video yang mengumumkan Jerome Powell sebagai kepala Federal Reserve yang baru, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable, Sabtu (4/11/2017).

Baca: Donald Trump Gemar Berceloteh di Twitter, Ini Alasannya

Atas kejadian ini, Twitter melalui akun @TwitterGov segera melakuakn klarifikasi. Awalnya, Twitter menyatakan bahwa hilangnya akun Twitter milik Trump adalah human error yang dilakukan karyawan Twitter.

Setelah menginvestigasi, Twitter memberikan pernyataan tambahan bahwa hilangnya akun Twitter Donald Trump akibat ulah 'iseng' karyawannya di hari terakhirnya bekerja di Twitter.


Baca: Ini Alasan Twitter Tak Pernah Blokir Akun Donald Trump

Mereka berjanji akan mengambil langkah untuk mencegah kejadian seperti ini terulang ke depannya. Namun, beberapa orang justru menyambut 'hangat' aksi mantan karyawan Twitter dan menyebutnya sebagai 'pahlawan'.

Dilansir KompasTekno dari The Guardian, Sabtu (4/11/2017), sebelum ada klarifikasi dari Twitter, banyak spekulasi bermunculan jika Trump menon-aktifkan sendiri akun Twitternya.

Spekulasi lain yang berkembang adalah akun Twitter Trump telah diretas karena menggunakan smartphone berbasis sistem Android yang dikatakan lebih rentan keamanananya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com