AMD Ditinggal Bos Grafis Radeon

Kompas.com - 09/11/2017, 07:41 WIB
Senior VP dn Chief Architect Radeon Technologies Group AMD, Raja Koduri, memperkenalkan Radeon RX 480 dalam acara di Taipei, Taiwan, Rabu (1/6/2016) AMDSenior VP dn Chief Architect Radeon Technologies Group AMD, Raja Koduri, memperkenalkan Radeon RX 480 dalam acara di Taipei, Taiwan, Rabu (1/6/2016)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Raja Koduri, CEO Radeon Technology Group (RTG), menjadi pimpinan divisi grafis AMD sejak pertama kali didirikan pada 2015. Koduri seringkali muncul di depan publik untuk memperkenalkan produk pengolah grafis Radeon.

Koduri belakangan mengambil cuti panjang, usai menangani debut karu grafis seri Radeon Vega, Agustus lalu. Di tengah cuti, Koduri rupanya berubah pikiran dan memutuskan untuk undur diri dari AMD.

"(Masa cuti) adalah waktu yang penting untuk saya bersama keluarga, sekaligus memberikian masa untuk refleksi diri. Dalam periode ini saya mengambil keputusan yang sulit bahwa sekarang adalah waktunya meninggalkan RTG dan AMD," tulis Koduri dalam sebuah memo perpisahan ke para karyawan AMD yang bocor dan beredar di internet.

Pihak AMD menolak memastikan keaslian memo tersebut, namun membenarkan perihal undur diri Koduri dalam sebuah pernyataan terpisah.

"Raja Koduri telah memutuskan untuk meninggalkan AMD dan kami mengambil langkah berikutnya untuk memperkuat RTG denagn memfokuskan organisasi ke area-area penting pertumbuhan," sebut AMD, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AnandTech, Kamis (9/11/2017).

Untuk sementara waktu, CEO AMD, Lisa Su akan mengambil alih tanggung jawab sebagai pimpinan RTG, hingga perusahaan bisa menemukan pengganti Koduri.

Pengunduran diri Koduri hanya berselang sehari setelah AMD mengumumkan kemitraan dengan rival beratnya, Intel, untuk membuat chip Core generasi ke-8 dengan GPU Radeon terintegrasi.

Baca: Intel dan Seteru Abadinya Kerja Bareng Bikin Chip

Tidak dijelaskan apa persisnya alasan Koduri mengundurkan diri. Ada spekulasi bahwa keputusannya itu berkaitan dengan arsitektur Radeon Vega yang tak sepenuhnya sesuai harapan AMD. Beberapa fitur hardware Vega pun masih belum aktif.

AMD menegaskan bahwa roadmap pengembangan dan peluncuran produk grafis Radeon tidak akan terpengaruh oleh kepergian Koduri.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber AnandTech

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X