Dua Kali Beli iPhone X, Masalah yang Sama Tetap Terjadi

Kompas.com - 19/12/2017, 20:07 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kecanggihan iPhone X dengan fitur keamanan Face ID-nya menarik seorang wanita di Nanjing, China untuk membelinya. Sayangnya, Ia belum bisa membuktikan kecanggihan fitur itu. Sebab Face ID pada iPhone X yang dibeli wanita tadi bisa dibuka oleh teman kerja wanitanya, bukan hanya sekali, melainkan dua kali.

Padahal, selama ini Apple sesumbar bahwa teknologi artificial intelligent (AI) pengenal wajah pada Face ID di iPhone X adalah yang paling aman. Untuk mencurangi Face ID pada iPhone X, Apple meyakinkan bahwa kesempatan itu hanya satu berbanding satu juta.

Awalnya, wanita yang diketahui bermarga Yan itu membeli iPhone X dan mengutak-atik pengaturan agar dapat mengaktifkan dan menjajal Face ID. Betapa terkejutnya Ia saat mendapati rekan kantornya dapat membuka perangkat tersebut tanpa kesulitan.

Yan tidak tinggal diam. Ia segera menghubungi Apple melalui layanan pelanggan. Mulanya Apple tidak memercayai apa yang dikatakan Yan. Ia pun beranjak ke Apple Store terdekat dan membuktikan perkataannya.

Baca juga: Vendor China Siapkan iPhone X Versi Murah?

Sempat ada dugaan dari seorang staf Apple Store bahwa kesalahan terjadi karena kerusakan pada kamera. Atas kesalahan ini, Yan pun mendapatkan pengembalian dana (refund) utuh.

Dana tersebut kemudian digunakan Yan untuk membeli iPhone X lagi. Celakanya, hal yang sama terjadi lagi. Rekan kerja wanitanya bisa membuka iPhone X milik Yan dengan wajahnya. Mau tak mau, Apple mengembalikan uang Yan untuk kedua kalinya.

Tidak ada rincian lebih lanjut apakah uang refund kedua dari Apple digunakan Yan untuk membeli iPhone X ketiga kalinya atau Yan beralih ke ponsel lain. Tapi yang jelas, hingga berita ini dihimpun KompasTekno dari South China Morning Post, Selasa (18/12/2017), Apple belum memberikan komentar resminya.

Kegagalan Face ID dalam melakukan deteksi wajah sebetulnya bukan kali ini saja terjadi. Pada pertengahan November, Face ID pada iPhone X pernah gagal membedakan wajah dari dua orang pemuda yang kembar identik.

Tidak hanya itu, seorang anak berusia 10 tahun juga dilaporkan berhasil mengelabui iPhone X milik ibunya. Saat itu, Apple berdalih kejadian itu sangat langka. Menurut Apple, anak di bawah 13 tahun memang memiliki kemungkinan untuk membobol sistem pemindai wajah canggih itu karena bentuk wajah anak masih bisa berkembang.

Tapi perlu diingat bahwa sebelumnya Face ID pada iPhone X telah membuktikan kemampuannya. Sebab, jika seseorang memang berniat mengakali Face ID, Ia harus melakukan usaha lebih.

Seperti percobaan yang dilakukan oleh firma kemanan asal Vietnam, Bkav. Untuk mengakali  Face ID, seseorang harus membuat topeng menggunakan teknologi printer 3D yang tidak bisa dibuat oleh sembarang orang.

Baca juga: Anak 10 Tahun Bisa Buka Face ID iPhone X Milik Ibunya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.