Penjualan iPhone Turun, Pendapatan Apple Naik - Kompas.com

Penjualan iPhone Turun, Pendapatan Apple Naik

Kompas.com - 03/02/2018, 15:28 WIB
Logo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, ASWicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.com Logo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, AS

KOMPAS.com - Apple mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal fiskal pertama dari Oktober hingga Desember lalu. Dalam periode tiga bulan tersebut, penjualan iPhone tercatat sebesar 77,3 juta unit.

Angka tersebut turun sekitar 1 juta unit dari penjualan iPhone sebanyak 78,3 juta unit sepanjang kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Meski demikian, pendapatan rata-rata per unit sebesar 797 dollar AS lebih tinggi dibandingkan perkiraan sebelumnya yang dipatok di angka 755,78 dollar AS. Hal ini kemungkinan disumbang oleh penjualan iPhone X.

Pertama kali dirilis pada awal November 2017, iPhone X adalah smartphone termahal dari Apple dengan harga jual mulai 999 dollar AS. iPhone X mulai dikapalkan pada Oktober, untuk dijual di toko-toko ritel pada 3 November.

“iPhone X melewati ekspekasi kami dan telah menjadi tipe iPhone dengan penjualan tertinggi setiap minggu sejak dikapalkan,” ujar CEO Apple Tim Cook dalam statement yang menyertai pengumuman laporan keuangan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (3/2/2018).

Cook turut mengungkapkan bahwa Apple mencatat jumlah perangkat aktif mencapai 1,3 juta unit pada Januari, meningkat 30 persen dalam periode dua tahun terakhir.

Pendapatan Apple sebesar 88,3 miliar dollar AS untuk kuartal fiskal pertama naik 13 persen secara year-over-year, dengan laba bersih sebesar 20,1 miliar dollar AS.

Pundi-pundi uang Apple pun bakal kembali bertambah. Pada kuartal sebelumnya, perusahaan terkaya di dunia itu diketahui sudah memiliki kas sebesar 285 miliar dollar AS.

Baca juga : Apple Rilis 4 iPhone Baru Tahun Ini?


PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi

Close Ads X