Browser Firefox Ini Diciptakan Khusus untuk Headset VR

Kompas.com - 05/04/2018, 08:04 WIB
Potongan tampilan peramban VR Firefox Reality dalam video demonstrasi yang dirilis Mozilla. MozillaPotongan tampilan peramban VR Firefox Reality dalam video demonstrasi yang dirilis Mozilla.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Mozilla Foundation dikenal getol berinvestasi di bidang realitas maya, bak Augmented Reality (AR)/mixed reality maupun Virtual Reality (VR).

Belakangan, organisasi nirlaba itu melangkah lebih jauh dengan memperkenalkan browser yang dibuat khusus untuk diakses dengan headset AR dan VR stand-alone, Firefox Reality namanya.

Dalam sebuah video demonstrasi yang dirilis Mozilla, tampak seorang pengguna menjelajahi laman web 2D yang ditampilkan dalam ruang virtual 3D, sehingga tampak seperti menyaksikan layar di bioskop.

Namun peranan Firefox Reality nantinya bakal lebih banyak daripada sekadar portal untuk situs 2D. Peramban ini juga akan sanggup menjalankan aplikasi VR dan memutar video 360 derajat yang sudah banyak bertebaran di internet, langsung di headset di depan mata pengguna.

Baca juga: Peneliti Beberkan Dampak Gadget VR bagi Anak

Menurut Mozilla, peramban Firefox Reality dimaksudkan untuk memperluas dukungan AR dan VR di luar perangkat-perangkat smartphone, tablet, dan PC yang selama ini menjadi platform pengembangan teknologi tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (5/4/2018), Firefox Reality memiliki dukungan framework WebVR dan A-Frame seperti yang juga diterapkan di headset VR macam HTC Vive, Oculus Rift, dan Samsung GearVR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pabrikan gadget seperti Oculus dan Google sebenarnya sudah memiliki peramban sendiri untuk headset VR masing-masing.

Namun, Firefox Reality memiliki kelebihan karena bisa digunakan di berbagai merek, tak hanya terbatas pada headset bikinan vendor tertentu seperti halnya browser bikinan vendor hardware.

Firefox Reality kini masih terus dikembangkan oleh Mozilla. Tanggal kehadirannya pun belum bisa dipastikan. Selagi menunggu, simak demonstrasi sang peramban virtual reality dalam video di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.