Cara Mengetahui MacBook Pro yang Baterainya Rawan Menggembung - Kompas.com

Cara Mengetahui MacBook Pro yang Baterainya Rawan Menggembung

Kompas.com - 22/04/2018, 17:23 WIB
MacBook Pro 13 inci tanpa Touch Bar.Apple MacBook Pro 13 inci tanpa Touch Bar.

KOMPAS.com - Apple meminta para pengguna MacBook Pro khusus model 13 inci tanpa Touch Bar di seluruh dunia untuk segera membawa perangkatnya ke pusat perbaikan Apple, apabila mengalami masalah baterai menggembung.

Imbauan tersebut datang bersama program "Battery Replacement Program" yang diumumkan Apple hari Sabtu, (21/4/2018).

"Apple memastikan bahwa segelintir MacBook Pro model 13 inci (non-Touch bar)  bisa mengalami kerusakan komponen akibat baterai yang menggembung", tulis Apple melalui situsnya.

Apple mengatakan bahwa masalah ini cukup serius, dan karena itu akan mengganti baterai yang memenuhi syarat kerusakan secara gratis.

Menurut vendor asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut, laptop yang terdampak merupakan MacBook Pro 13 inci non-Touch Bar yang diproduksi dalam periode antara Oktober 2016 hingga Oktober 2017.

Baca juga : Mengapa Apple Tak Keluarkan MacBook Pro Baru Tahun Ini?

Cara mengetahui laptop terdampak

Untuk memeriksa apakah Macbook Pro Anda termasuk yang layak mendapatkan service ini atau tidak, Anda perlu memasukan nomor seri MacBook pro ke laman Apple di tautan ini.

Untuk mengecek apakah MacBook pengguna terdampak atau tidak, masukan nomor seri MacBook di kolom berlingkar merah.Apple Untuk mengecek apakah MacBook pengguna terdampak atau tidak, masukan nomor seri MacBook di kolom berlingkar merah.

Cara mengecek nomor seri MacBook Pro, klik logo Apple di "Menu Bar", dan pilih "About this Mac", gulir ke jendela informasi untuk melihat nomor serial. Layanan penggantian baterai, menurut Apple akan memakan waktu 3 hingga 5 hari.

Seperti dirangkum KompasTekno dari FirstPost, Minggu (22/4/2018), program ini tidak berlaku bagi MacBook Pro model lama atau MacBook Pro dengan Touch Bar.

Pemilik MacBook Pro yang terdampak bisa mendatangi pusat layanan Apple atau membuat janji dengan Apple Store terdekat.

Apple mengimbau pengguna untuk mencadangkan semua data terlebih dahulu sebelum melakukan pergantian baterai. Jika pengguna telah membayar pergantian baterai MacBook Pro model 13 inci non-Touch Bar, Apple akan mengembalikan biaya tersebut.

Baca juga : Ini Keluhan Pengguna MacBook Pro Terbaru

Masalah baterai gadget Apple

Baterai agaknya menjadi masalah serius bagi perangkat produksi Apple. Selain MacBook Pro, iPhone dan Apple Watch juga mendapatkan layanan ganti baterai.

Awal tahun lalu, pengguna iPhone lawas diberi diskon 40 persen. Bahkan Apple pun dikabarkan akan mengganti iPhone 6 Plus yang rusak, dengan seri di atasnya, yakni iPhone 6s Plus.

Perangkat lain Apple, Apple Watch, pun juga dikeluhkan mengalami masalah pada baterai. Apple dikabarkan akan memberi perbaikan gratis untuk para pengguna Apple Watch Series 2 ukuran 42 mm.

Perbaikan ini dikhususkan untuk para pengguna Apple Watch yang baterainya telah menggembung.



Close Ads X