Gmail Resmi Dirombak, Ini Deretan Fitur Barunya

Kompas.com - 26/04/2018, 07:01 WIB
Logo Gmail. GoogleLogo Gmail.

KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan perombakan besar-besaran pada layanan e-mail Gmail. Perombakan ini bisa dibilang termasif sejak tahun 2011 silam.

Perombakan meliputi pembaruan tampilan dan kehadiran fitur baru. Tampilan baru Gmail membawa perubahan yang lebih segar dan berwarna. Baca juga : Resmi, Gmail Hadir dengan Wajah Baru yang Lebih Berwarna)

Sejumlah fitur baru pun ditambahkan dalam pembaruan kali ini, seperti notifikasi prioritas, mode rahasia, dan dukungan untuk mode offline yang lebih baik.

Pembaruan ini diklaim Google bakal membuat Gmail lebih mudah digunakan, lebih pintar, dan makin aman.

Ke depannya, pengguna bisa membaca e-mail tanpa harus membuka pesan satu per satu. Selain itu, Google akan mengandalkan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) untuk memindai e-mail pengguna.

Sehingga, notifikasi dari e-mail yang dijadikan prioritas akan muncul lebih dulu. AI juga akan membantu membatasi pop-up pesan masuk yang muncul sebagai bagian dari fitur "smart reply".

Bisa dibilang, perombakan Gmail terinspirasi dari budaya berkomunikasi saat ini, di mana tak sedikit komunikasi pekerjaan dilakukan melalui aplikasi layanan pesan instan, seperti Facebook Messenger atau WhatsApp.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, tampilan dan fitur baru belum bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Gmail yang jumlahnya menembus 1,4 miliar orang. Google menyebutkan penyebaran pembaruan Gmail ini akan dilakukan bertahap.

Selengkapnya, berikut penjelasan lengkap KompasTekno seputar fitur dan tampilang baru Gmail.

1. Mode Keamanan dan Rahasia (Confidential)

Mode rahasia di GmailCnet Mode rahasia di Gmail

Confidential mode atau mode rahasia menambahkan beberapa fitur baru agar pengguna lebih bisa mengontrol informasi dalam e-mail yang dikirimnya.

Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.