Seperti Twitter, Gmail Juga Ada Fitur "Mention"

Kompas.com - 23/05/2018, 15:06 WIB
Aplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube. IstAplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube.

KOMPAS.com - Google baru saja merombak besar-besaran tampilan antarmuka, dan menyertakan beberapa fitur baru. Salah satu fitur yang belum banyak diketahui adalah "mention" (sebut), seperti yang ada di Twitter atau WhatsApp.

Fitur mention di Gmail berguna untuk mempermudah dan mempercepat penerima e-mail untuk mengirim pesan ke kontak yang disebutkan. 

Caranya pun semudah fitur mention di Twitter atau WhatsApp. Cukup ketik karakter "@" (tanpa tanda petik) di bodi e-mail saat menulis pesan baru atau membalas e-mail. Lantas, ketik nama kontak yang dikehendaki.

Nantinya akan muncul beberapa saran nama, lalu pilih salah satu yang dikehendaki. Nama kontak yang di-mention akan berubah warna menjadi biru.

Baca juga: Fitur Colek Gmail Ingatkan E-mail yang Perlu Dibalas

Fitur mention di GmailThe Next Web Fitur mention di Gmail
Ketika penerima e-mail mengklik nama tersebut, penerima akan diarahkan ke jendela baru untuk menulis pesan yang langsung ditujukan ke kontak tersebut.

Dilansir KompasTekno dari The Next Web, Rabu (23/5/2018), jika pengirim membubuhkan simbol "+" (tanpa tanda petik), diikuti nama kontak, maka kontak tersebut akan otomatis tercantum sebagai penerima e-mail.

Fitur antarmuka baru juga sudah tersedia di Gmail. Cara mencobanya pun mudah. Klik menu "setting" (setelan) di pojok kiri tampilan Gmail. Lalu, pilih "try new Gmail" (coba Gmail baru). Pilih salah satu opsi kerapatan tampilan, antara default, longgar, atau rapat. Pilih "oke", maka tampilan Gmail akan berubah.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X