Kompas.com - 25/05/2018, 15:08 WIB
Ilustrasi drone yang dilengkapi kamera untuk merekam atau mengambil gambar. THINKSTOCKIlustrasi drone yang dilengkapi kamera untuk merekam atau mengambil gambar.

KOMPAS.com - Badan pengawas penerbangan AS (FAA) berencana menelurkan kebijakan baru untuk mengendalikan masifnya pesawat tanpa awak (drone). Regulasi tersebut berupa pemasangan lisensi pelat nomor yang mudah dilihat, untuk setiap perangkat drone.

Tujuan pemasangan pelat nomor untuk drone adalah untuk memudahkan identifikasi setiap drone yang mengudara.

"Kami harus menjamin jika setiap drone, setiap pesawat tanpa awak yang beroperasi di ruang udara terkendali, mudah dilacak dan diidentifikasi," jelas Acting Administrator FAA, Dan Elwell.
Kebijakan tersebut baru diajukan bulan lalu.

Seblumnya, FAA telah mensyaratkan setiap drone untuk didaftarkan dan memiliki nomor identitas yang ditetapkan pemerintah. Namun, nomor tersebut dapat disembunyikan, misalnya di dalam kompartemen baterai.

Baca juga: Drone Penyembur Api Dipakai Bersihkan Sampah

Setelah revisi kebijakan baru ini, nomor identitas drone harus berada di luar, sehingga dapat jelas terlihat. FAA sendiri telah lama ingin mendapat kontrol lebih besar untuk mengatur drone.

Apalagi setelah kejadian kecelakaan pesawat pertama yang diakibatkan drone awal tahun lalu. Otoritas penerbangan juga mengkhawatirkan pemanfaatan drone untuk aksi terorisme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (25/5/2018), tahun lalu pemerintah memberlakukan kebijakan bagi pemilik drone seberat 2,2 hingga 25 kilogram, untuk mendaftarkannya ke FAA.

PBB pun mendukung diberlakukannya pendaftaran drone secara terpadu di seluruh dunia. Beberapa bulan lalu, pemerintah AS mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan pelacakan hingga penembakan drone sipil agar sah dilakukan oleh penegak hukum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.