Kompas.com - 05/06/2018, 13:49 WIB
Apple merilis fitur Memoji yang mengubah wajah pengguna menjadi stiker TechCrunchApple merilis fitur Memoji yang mengubah wajah pengguna menjadi stiker

KOMPAS.com - Apple mengumumkan fitur baru bernama Memoji di sela-sela World Wide Developer Conference (WWDC) 2018. Fitur ini sejatinya berupa stiker Animoji di iOS, yang bisa dimodifikasi mengikuti wajah penggunanya, mirip dengan fitur AR Emoji yang dimiliki ponsel Samsung Galaxy.

Pengguna iPhone atau iPad bisa membuat Memoji itu dari nol, dengan memilih fitur-fitur wajah seperti freckles, warna kulit, gaya rambut, serta aksesoris tambahan berupa kacamata atau anting-anting.

Hal menariknya, Memoji juga bisa disimpan dalam perangkat iPhone/iPad, dan menyematkannnya ke dalam pesan, sebagaimana animoji biasa. Selain itu, pengguna bisa juga memakai Memoji ini untuk menutupi wajah ketika berfoto selfie.

Sebaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/7/2018), perilisan Memoji ini bisa jadi merupakan respons Apple terhadap Samsung. Apalagi kedua raksasa teknologi ini memang seringkali bersaing.

Baca juga: Ini Perbedaan AR Emoji Galaxy S9 dan Animoji iPhone X

Sebelumnya, ketika Apple merilis Animoji, Samsung menjawabnya dengan perilisan AR Emoji di Galaxy S9. Selanjutnya, hanya dalam selang beberapa bulan, Apple kembali menjawab AR Emoji itu dengan perilisan Memoji.

Selain tambahan fitur Memoji, Apple pun memperbarui fitur-fitur dalam Animoji. Beberapa di antaranya adalah tambahan pendeteksi lidah serta karakter baru berbentuk hantu, koala, harimau, dan T-rex.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di ajang WWDC 2018 tersebut, Apple juga mengumumkan kehadiran iOS 12, Mac OS Mojave dengan Dark Mode, Facetime dengan videochat hingga 32 orang serta rangkaian perangkat lunak untuk mencegah pengguna ketagihan iPhone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.