Bukti Keseriusan Oppo Membuat Smartphone Layar Lipat

Kompas.com - 04/07/2018, 10:18 WIB
Skema model layar lipat Oppo Lets Go DigitalSkema model layar lipat Oppo

KOMPAS.com - Beberapa bulan belakang, Samsung paling santer diberitakan menjadi vendor smartphone lipat pertama dunia. Namun beberapa vendor smartphone lain juga disebut tengah mengembangkan teknologi yang sama di produknya.

Selain Huawei, LG, Apple, dan Motorola, Oppo juga dikabarkan sedang mengembangkan teknologi layar lipat.

Pada 22 Maret 2018 lalu, Oppo disebut telah mengajukan paten ke Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) untuk mekanisme rotasi atau pemutar dan sambungan layar yang bisa dilipat.

Pada saat yang sama, Oppo melengkapi pengajuan paten kedua berisikan perakitan engsel, mekanisme rotasi, dan sambungan bergerak yang bisa dilipat.

Menyadari proses penerbitan paten yang memakan waktu berbulan-bulan, Oppo segera mengajukan paten yang disebut publikasi awal ini dengan segera. Alasannya, karena paten serupa telah diterapkan di kampung halamannya, China.

Setidaknya, dari laporan media asal Belanda, Lets Go Digital yang dirangkum KompasTekno, Rabu (4/7/2018), ada tiga skema model layar lipat yang telah dipatenkan. Salah satunya adalah smartphone lipat yang memiliki satu layar fleksibel yang besar.

Mekanisme lipatannya seperti lipatan buku, dengan layar berada di sisi luar. Dari gambar yang beredar, mekanismenya mirip dengan purwarupa layar lipat Huawei, namun dengan arah lipat berlawanan.

Skema smartphone layar lipat tiga display milik OppoLets Go Digital Skema smartphone layar lipat tiga display milik Oppo

Namun itu bukanlah satu-satunya skema yang dipatenkan Oppo. Gambar paten lain yang terbit tanggal 22 Februari, menunjukan skema smartphone lipat Oppo dengan tiga layar.
Salah satu layarnya berukuran lebih besar dibanding dua lainnya.

Baca juga: Paten Oppo Ungkap Konsep Baru Smartphone Layar Lipat

Untuk menghasilkan ukuran layar seperti smartphone saat ini, purwarupa tiga layar ini harus dilipat dua kali.

Komponen-komponen kecil seperti modul kamera akan ditematkan di bagian layar pertama. Sementara mikrofon dan speaker terintegrasi di layar ketiga. Magnet akan ditempatkan untuk menjaga ketiga layar saat tertumpuk dalam satu lipatan.

Oppo juga meiliki paten lain yakni smartphone layar lipat dengan airbag atau kantong udara.
Dua buah airbag akan ditempatkan di sisi kanan dan kiri mekanisme lipat. Airbag ini memungkinkan layar bisa dilipat secara rutin.

Baca juga: Siswa di Jerman Ciptakan Airbag untuk Ponsel

Elemen elastis dipasang di samping. Sehingga ketika layar dilipat, udara yang terperangkap akan dialirkan, sehingga menahan kelenturan pada bagian dalam. Dengan begitu, airbag akan menjaga layar smartphone bisa dilipat berulang-ulang tanpa merusak layar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X