Mengapa Pengguna Android Pindah ke iOS dan Sebaliknya?

Kompas.com - 26/08/2018, 11:19 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi (OS) menjadi salah satu pertimbangan para gadget antusias dalam memilih smartphone. Sebab OS yang mengoperasikan perangkat akan memengaruhi beberapa hal seperti user experience, jadwal pembaruan, hingga fitur-fitur di dalamnya.

Saat ini, di dunia software mobile didominasi dua OS raksasa, yakni iOS buatan Apple yang terpasang di lini iPhone, serta Android besutan Google yang sebarannya lebih luas di banyak vendor smartphone.

Lantas, mana lebih banyak? Pengguna Android pindah ke iOS atau sebaliknya? Tanpa data yang pasti, jawaban yang akan muncul hanyalah berdasarkan pengamatan sekeliling semata.

Untuk mengetahuinya secara kuantitatif, PC Mag menyebar survei selama tiga hari dan melibatkan 2.500 responden Amerika Serikat.

Lebih dari separuh responden atau 54 persennya mengaku memiliki iPhone dan 27 persen memiliki smartphone Samsung. Dari hasil survei tersebut, 18 persennya adalah penggguna Android yang hijrah ke iOS dan 11 persennya pindah dari Android ke OS lain yang tidak disebutkan.

Sistem operasi lainnya bisa jadi Windows Phone atau BlackBerry, namun survey ini hanya fokus pada Android dan iOS.

Mayoritas responden, yakni 71 persen, mengaku tetap setia dengan OS yang digunakan saat ini. Lalu, apa sebenarnya yang melatar belakangi pengguna berpindah OS lain?

User Experience (UX)

Hasil survei menunjukkan, sebanyak 47 persen dari mereka yang berpaling ke iOS mendapati user experience yang dirasa lebih memuaskan. Hanya 30 persen mantan pengguna iOS yang merasa UX Android lebih baik.

UX kedua platform tersebut sangat jauh berbeda. Bisa jadi, mengoperasikan UX yang sepenuhnya baru menjadi kepuasan tersendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.