Facebook Sedang Coba Fitur Kencan ala Tinder

Kompas.com - 24/09/2018, 11:54 WIB
Tangkapan layar fitur Facebook Dating yang diuji coba di Kolumbia Tech CrunchTangkapan layar fitur Facebook Dating yang diuji coba di Kolumbia

KOMPAS.com - Sesuai janji Mark Zuckerberg, Facebook mulai menguji coba fitur kencan. Bos Facebook itu pertama kali mengumumkan fitur itu pada agenda konferensi pengembang bertajuk "F8" bulan Mei lalu.

Tepat empat bulan setelahnya, fitur yang meniru aplikasi kencan populer Tinder itu mulai diuji coba di Kolumbia. Fitur kencan Facebook akan mengandalkan algoritma yang didasarkan pada informasi apapun yang dibagikan pengguna.

Misalnya informasi tentang biografi, tempat bekerja, pendidikan, agama, tinggi badan, dan apakah mereka sudah punya anak atau belum.

Sedikit berbeda dengan aplikasi dating seperti Tinder, Facebook Dating tidak menyertakan gestur swipe (usap) untuk memilih jodoh. Keserasian dipilih berdasarkan jawaban pertanyaan personal dan kecocokan foto.

Pengguna bisa menyaring perjodohan online mereka dengan menyesuaikan jarak dan kriteria lain. Facebook pun menyeidakan opsi gender non-binary dan transgender. Jika uji coba ini sukses, Facebook berjanji akan menggulirkan fitur kencan ke negara lain.

"Kami ingin membuat produk yang membuat orang-orang ingat bahwa ada seseorang di balik profil itu dan kartu yang mereka lihat, jelas Produk Manager Facebook Dating, Nathan Sharp, sebagaimana KompasTekno rangkum dari CNBC, Senin (24/9/2018).

Lebih lanjut, Sharp ingin membuat sistem, agar pengguna tidak sekadar mempertimbangkan foto profil saja. Beberapa fitur di Facebook Dating juga melarang penggunanya untuk saling menguntit.

Pengguna juga tidak bisa mengirim pesan foto dan juga tidak bisa mengikuti orang yang tidak menanggapi mereka.

Baca juga: 200 Juta Pengguna Facebook Jomblo, Zuckerberg Ingin Carikan Jodoh

Cara Kerja Facebook Dating

Sharp mengatakan, fitur kencan sudah lama dilirik Facebook.

"Kami tahu ada 200 juta orang yang mengaku jomblo (di Facebook)," sebut Sharp.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X