Samsung Luncurkan Senjata Baru untuk Lawan Xiaomi

Kompas.com - 22/01/2019, 15:15 WIB
Ilustrasi Samsung ExynosNext Power Up Ilustrasi Samsung Exynos

KOMPAS.com - Samsung semakin agresif menyiapkan smartphone untuk segmen menengah. Vendor asal Korea Selatan itu baru saja merilis amunisi baru, yakni system-on-chip (SoC) Exynos 7904.

Chipset tersebut ditujukan untuk ponsel kelas menengah, yang akan dipasarkan di negara-negara berkembang, khususnya India.

Samsung memang ingin merebut kembali dominasi pasarnya di India, dan bersaing  dengan vendor China, utamanya Xiaomi. SoC ini diklaim samsung menawarkan fitur high-end dengan harga terjangkau.

Dibuat menggunakan proses fabrikasi 14 nm, Exynos 7904 dibekali dengan delapan core CPU yang terdiri dari dua inti besar Cortex-A73 dengan clockspeed 1,8 GHz.

Baca juga: Samsung Resmikan Chip Exynos 9820 untuk Galaxy S10

Selain itu, ada enam inti Cortex-A53 yang lebih kecil dengan clockspeed 1,6 GHz, dan diklaim akan mampu mengehemat daya lebih efisien.

System-on-chip Exynos 7904 besutan SamsungGSM Arena System-on-chip Exynos 7904 besutan Samsung
Untuk konektivitas, Exynos 7904 didukung modem yang berjalan di jaringan CAT.12, yang memiliki kecepatan download hingga 600 Mbps.

Prosesor pengolah gambar di dalam chip ini diklaim bisa menangani modul kamera tunggal hingga resolusi 32 megapiksel, atau modul triple-camera dengan fitur tinggi.

Fitur tersebut dilengkapi dengan kemampuan merekam video 1080p pada kecepatan 120 fps atau resolusi 4K pada 30 fps.

Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (22/1/2019), Samsung menjanjikan performa multimedia lebih tangguh, kegiatan multitasking yang mulus, akses web dan koneksi yang cepat, dengan harga yang lebih terjangkau.

Chipset ini disebut sudah mulai diproduksi secara massal, dan diharapkan segera meramaikan segmen ponsel mid-range dalam waktu dekat.



Close Ads X