Kompas.com - 23/01/2019, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Beberapa teknologi dan peningkatan spesifikasi diramalkan akan menjadi tren di industri smartphone tahun ini. Salah satunya adalah kapasitas memori utama (RAM) 10 GB.

Bahkan, meski penggunaan RAM 10 GB saja masih banyak diperdebatkan, kemungkinan akan ada vendor yang akan menyediakan kapasitas RAM lebih besar dari 10 GB.

Beberapa vendor smartphone Android sudah banyak yang mempromosikan model flagship mereka dengan spesifikasi tersebut. Di antaranya adalah OnePlus 6T McLaren Edition, Mi Mix 3 edisi "Forbidden City", Xiaomi Black Shark Helo, dan Vivo Nex Dual Display Edition.

Selain mereka, ada pula Lenovo yang sesumbar akan meluncurkan Z5 Pro GT, flagship besutannya yang dibekali RAM 12 GB. Lenovo menjadi vendor pertama di dunia yang merilis smartphone dengan kapasitas RAM terbesar saat ini.

Baca juga: Lenovo Perkenalkan Z5 Pro GT, Ponsel Snapdragon 855 Pertama di Dunia

Dirangkum KompasTekno dari Digitimes, Rabu (23/1/2019), peningkatan spesifikasi agaknya masih menjadi strategi andalan para perusahaan smartphone tahun ini.

Sementara itu, permintaan pasokan chip memori DRAM (Dynamic Random Access Memory) disebut akan terus meningkat hingga paruh kedua tahun 2020.

Beberapa pihak mengatakan jika smartphone dengan kapasitas memori jumbo seperti 10-12 GB belum terlalu dibutuhkan saat ini. Namun, jika kedepannya semakin banyak aplikasi berat yang dirilis, kapasitas RAM yang lega juga akan dibutuhkan.

Baca juga: Xiaomi Mi Mix 3 Resmi Meluncur, Usung Kamera Selfie Tersembunyi dan RAM 10 GB

Menurut Lee Pei-ing, Presiden Nanya Technolgy, salah satu pabrikan chip DRAM, banyak vendor smartphone yang mempromosikan peningkatan fitur di smartphone-nya sebagai bentuk diferensiasi produk.

Bentuk peningkatannya bisa bermacam-macam, mulai dari peningkatan kecerdasan buatan (AI), penambahan jumlah kamera belakang, dan juga memperbesar kapasitas memori perangkat.

Lee optimis dengan permintaan DRAM untuk smartphone high-end Android akan tinggi tahun ini. Ia memprediksi permintaan akan terus meningkat hingga 2020 ketika banyak ponsel 5G tersedia secara komersial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Digitimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.