Google Bandingkan Foto Malam Hari iPhone XS dengan Pixel 3

Kompas.com - 29/01/2019, 18:56 WIB
Ponsel Pixel 3 XL sudah dijual oleh peritel Hongkong sebelum perilisan resminya. EngadgetPonsel Pixel 3 XL sudah dijual oleh peritel Hongkong sebelum perilisan resminya.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kemampuan "mode malam" untuk mempercantik hasil jepretan kamera saat kondisi gelap belakangan banyak mengemuka di smartphone masa kini, termasuk Pixel 3 besutan Google.

Untuk mendemonstrasikan kemampuan foto low-light ponsel andalannya itu, Google membandingkan hasil potret Pixel 3 dalam mode "Night Sight" dengan ponsel lain, yakni iPhone XS dari Apple.

Perbandingan hasil foto kedua ponsel tersebut -tanpa menggunakan LED flash- diunggah oleh Vice President of Product Marketing Google, Marvin Chow, di Twitter.

Baca juga: Google Luncurkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan Kamera Selfie Ganda

Subyeknya adalah seorang wanita berbusana serba hijau yang berdiri di jalanan basah, dengan latar belakang bangunan-bangunan berarsitektur Chinasaat malam hari. Perbedaan hasil foto antara Google Pixel 3 (dengan mode Night Sight) dan iPhone XS jelas terlihat.

Pada foto jepretan iPhone XS, wajah sang wanita nyaris tak terlihat sama sekali, gelap gulita karena memang kondisi malam, ditambah backlight dari cahaya lampu-lampu neon di belakang.

Sebalikya, dengan bantuan Night Sight, Pixel 3 mampu menghasilkan foto yang jauh lebih terang. Detil-detil pada area gelap (shadow) jelas terlihat. Begitupun dengan area terang (highlight).

Tone gambar secara keseluruhan terlihat seimbang. Tak ada area yang terlalu terang atau terlalu gelap, meski ini menjadikannya tampak agak flat, mirip jepretan HDR.

Melalui perbandingan dengan iPhone ini, Google seakan ingin menyindir Apple yang menjadi rival beratnya di dunia smartphone.

Sejumlah ponsel Android selain seri Google Pixel memang telah memiliki fitur ala "mode malam" dengan fungsi serupa, misalnya saja Samsung (Bright Night), OnePlus (Nightscape), dan Huawei (Night Mode).

Baca juga: Samsung Kembangkan Fitur Kamera Malam Mirip Google Pixel

Pixel sendiri baru mendapat Night Sight pada November 2018 lalu. Google sempat memamerkan kemampuannya dalam sebuah video di YouTube, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (29/1/2019).

Bukan tidak mungkin Apple pun akan tergerak untuk menerapkan fitur serupa di iPhone, mengikuti ponsel-ponsel Android. Kita tunggu saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X