Ponsel Xiaomi Bakal Punya "Laci Aplikasi" Sendiri

Kompas.com - 19/06/2019, 16:31 WIB
Tangkapan layar app drawer Xiaomi XDA Developer Tangkapan layar app drawer Xiaomi

KOMPAS.com - Selama ini, Xiaomi tidak membekali software antarmukanya, MIUI, dengan app drawer atau tombol untuk menampilkan daftar aplikasi yang terinstal di perangkat. Alhasil, banyak Mi Fans yang harus mengunduh "laci aplikasi" itu dari pihak ketiga.

Setelah lama dinanti, Xiaomi akhirnya siap merilis laci aplikasi bikinan sendiri, dan akan terpasang langsung di MIUI. App drawer ini tersemat pada MIUI versi 4.10.6.1025-06141703 yang masih dalam tahap pengembangan awal.

Dari tangkapan layar yang beredar, Xioami masih menggunakan cara konvensional dengan tombol di layar beranda untuk membuka laci aplikasi, alih-alih memakai gestur. Setelah dibuka, deretan aplikasi akan muncul berdasarkan abjad.

Daftar aplikasi terbagi menjadi dua kategori. Sisi atas adalah jajaran aplikasi yang baru dibuka (recent apps), sementara bagian bawah akan menampilkan semua aplikasi yang terpasang di ponsel.

Baca juga: Sepi Masukan, Xiaomi Tutup Program MIUI Beta

App drawer bisa ditutup dengan menekan anak panah ke bawah, atau dengan menekan tombol kembali. Sayangnya, app drawer tidak bisa ditutup dengan gestur mengusap layar ke bawah.

Tangkapan layar pengaturan app drawer di MIUIXDA Developers Tangkapan layar pengaturan app drawer di MIUI

Selain app drawer, ada pula shortcut atau pintasan untuk membuka aplikasi. Sehingga saat aplikasi ditekan agak lama, akan muncul beberapa fitur kunci dari aplikasi tersebut agar bisa langsung digunakan.

Sejatinya, fitur shortcut bukanlah hal baru. Dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Rabu (19/6/2019), fitur ini sudah ada sejak Android 7 Nougat.

Karena masih dalam pengembangan awal, skema app drawer Xiaomi ini masih berpotensi dirombak dari informasi yang sudah terkuak saat ini. Pengguna memang bisa menjajal app drawer itu dengan mengunduhnya melalui platform pihak ketiga.

Baca juga: Xiaomi Janji Akan Kurangi Iklan di MIUI

Tapi konsekuensinya, app drawer tidak akan berjalan stabil sehingga akan mempengaruhi pengalaman pengguna. Ada baiknya untuk bersabar hingga Xiaomi benar-benar merilisnya secara resmi. Sayangnya, belum diketahui kapan app drawer ini akan resmi diluncurkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X