Galaxy Note 10 Akan Kehilangan Salah Satu Ciri Khas Ponsel Samsung?

Kompas.com - 25/07/2019, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Semenjak pertama kali diperkenalkan melalui Galaxy S8 tahun 2018 lalu, tombol Bixby untuk memanggil sang asisten virtual rutin hadir di perangkat high-end Samsung.

Namun, sebuah kabar baru yang beredar menyebutkan bahwa calon flagship berikutnya, Galaxy Note 10, tak akan memiliki fitur yang menjadi salah satu ciri khas dari perangkat sang pabrikan itu.

Tombol Bixby biasanya diletakkan di sisi kiri ponsel, berdampingan dengan tombol pengatur volume. Letaknya ini sering kali membuat pengguna salah menekan tombol. Niat hati ingin mematikan atau restart perangkat, eh malah Bixby yang menyapa.

Baca juga: Samsung Buka Toko Aplikasi untuk Asisten Digital Bixby

Samsung menempatkan tombol daya di sisi kanan, berseberangan dengan tombol volume. Sementara, ponsel Android lain biasanya meletakkan tombol daya sejajar dengan pengatur volume. Itulah yang menyebabkan tombol Bixby kerap salah dikira sebagai tombol daya.

Samsung juga awalnya agak kaku dengan mekanisme tombol Bixby. Fungsi tombol tidak bisa diganti untuk menjalankan aplikasi lain, hanya eksklusif untuk memanggil sang asisten virtual saja.

Tombol Bixby pun menuai kritik dari sebagian pengguna. Belakangan, Samsung agak melunak. Di lini ponsel Galaxy S10, tombol Bixby sudah bisa dipakai untuk membuka aplikasi lain.

Baca juga: Tombol Bixby di Galaxy S10 Bisa untuk Buka WhatsApp

Pada Galaxy Note yang akan meluncur awal Agustus Nanti, tombol Bixby boleh jadi akan sama sekali dihilangkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (25/7/2019).

Namun, kalaupun tombolnya hilang, software Bixby sendiri kemungkinan besar akan tetap hadir di Galaxy Note 10 dan bisa dipanggil dengan perintah suara.

Bixby juga masih tersemat di wearable device milik Samsung seperti Galaxy Watch Active yang dirilis awal tahun ini.

Baca juga: Samsung Sebar Undangan Peluncuran Ponsel Galaxy Terbaru di New York

Galaxy Note 10 dijadwalkan meluncur 7 Agustus mendatang dalam acara Galaxy Unpacked di New York, Amerika Serikat. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa akan ada dua model yang meluncur. Masing-masing model juga tersedia dalam varian 5G.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.