Kompas.com - 01/08/2019, 11:24 WIB

KOMPAS.com - Akun Instagram milik e-commerce Tokopedia pada Kamis (1/8/2019) pagi mendadak menunjukkan pemandangan yang tak lazim. Halaman profil akun Instagram Tokopedia terlihat polos tanpa ada satupun foto atau video yang dipublikasi.

Foto-foto yang semula dipublikasi oleh Tokopedia di Instagram hilang dari halaman profil. Bahkan foto profil pada akun ini pun turut hilang tanpa jejak.

Dari pantauan KompasTekno, hanya postingan gambar, video pendek dan foto profil saja yang hilang. Sementara konten yang dipublikasi melalui IGTV Tokopedia masih dapat ditemukan.

Padahal biasanya, Tokopedia mempublikasi serangkaian promosi melalui akun Instagram tersebut. Akun itu pun sudah memiliki jumlah pengikut yang besar, yakni 1,2 juta dan telah mendapatkan centang biru (verifikasi) dari pengelola Instagram. 

Baca juga: Tokopedia Angkat Mantan Gubernur BI Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama

Belum diketahui mengapa semua foto/video di akun Instagram Tokopedia mendadak menghilang. KompasTekno pun mencoba meminta keterangan pihak Tokopedia, namun belum mendapatkan respons hingga berita ini ditayangkan.

https://www.instagram.com/tokopedia/

Hal serupa juga pernah terjadi pada akun Instagram milik Gojek beberapa bulan lalu. Kala itu Gojek menghapus dan membersihkan semua konten di Instagram miliknya.

Baca juga: Semua Posting di Instagram Go-Jek Mendadak Hilang, Ini Penjelasannya

Alih-alih diretas, kejadian ini ternyata hanya gimmick marketing yang dilakukan oleh Gojek. Halaman putih di akun resmi Instagram itu disebut sebagai gambaran membersihkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Ada pula kemungkinan bahwa hilangnya konten Instagram pada akun Tokopedia juga merupakan sebuah gimmick marketing untuk mendapat perhatian khalayak. Meski demikian, Tokopedia sendiri belum memberikan penjelasan terkait hal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.