Ada Pesan Tersembunyi di Video Peluncuran iPhone 11, Begini Bunyinya

Kompas.com - 13/09/2019, 17:02 WIB
Ilustrasi peluncuran iPhone 11 YouTube/AppleIlustrasi peluncuran iPhone 11

KOMPAS.com - Trio iPhone 11 resmi akhirnya diperkenalkan Apple dalam acara Apple Event. Setelah acara peluncuran, Apple pun merilis video rangkuman acara, menampilkan produk apa saja yang baru saja dirilis.

Uniknya, dalam video berdurasi 2:03 detik itu ada pesan tersebumnyi yang disisipkan Apple.
Pesan tersebut muncul sangat cepat, kira-kira berada di menit ke 1:23, menampilkan " Error 09102019" lengkap dengan latar belakang bewarna biru.

Tampilan sekelebat itu mengingatkan "Blue Screen of Death" yang identik dengan sistem operasi Windows apabila sedang mengalami error fatal.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi iPhone 11, iPhone 11 Pro, Serta iPhone 11 Pro Max

Entah ada maksud apa, namun layar biru itu muncul tepat saat narator mengatakan bahwa iPad terbaru "2x lebih cepat dari laptop Windows terlaris".

Potongan iklan Apple Event yang berisi pesan tersembunyi.Cult of Mac Potongan iklan Apple Event yang berisi pesan tersembunyi.

Di bagian atas tertera tulisan "Error 09102019"  yang kemungkinan merujuk pada waktu perhelatan Apple Event yakni 10 September 2019. Di bawahnya masih ada deretan angka biner yang terdiri dari angka "1" dan "nol" secara berulang

"Ini hanya pemikiran. Tapi mungkin ada pesan tersembunyi di dalam sini untuk pecinta Apple garis keras yang tidak ingin menyetop video", begitu tulisan keterangan di atasnya, dihimpun KompasTekno dari Cult of Mac, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: iPhone XS Menghilang Setelah iPhone 11 Datang, iPhone XR Malah Turun Harga

Seseorang di forum online Reddit akhirnya memecahkan makna dari deretan angka tersebut.
Ia menyalin deretan bilangan binari tersebut lalu menerjemahkannya menggunakan binary-to-ascii converter.

Setelah diubah, deretan bilangan itu berubah menjadi tulisan berbunyi "Jadi repot-repot menerjemahkan ini? Kami menyayangi Anda". Begitulah cara jenius Apple mengerjai para penggemar garis kerasnya.

Belum menonton videonya? Berikut video rangkuman Apple event yang memuat pesan tersembunyi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X