Kompas.com - 14/11/2019, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Disney resmi merilis layanan streaming video on-demand (VoD) pesaing Netflix, Disney Plus pada Rabu (13/9/2019) lalu.

Baru sehari meluncur, jumlah subscriber atau pelanggan Disney Plus diklaim telah menembus angka 10 juta. Hal ini bisa dibilang mengejutkan, lantaran sejumlah analis memperkirakan angka tersebut baru bakal bisa dicapai Disney dalam satu tahun pertama.

Angka tersebut juga lebih besar dari Netflix, yang pertama kali diluncurkan (hanya di Amerika Serikat) tercatat hanya menggaet sekitar 7,38 juta pelanggan. 

Kini, pelanggan Netflix sendiri dilaporkan sudah mencapai 158 juta, dan berasal dari berbagai belahan dunia.

Baca juga: Disney Plus Resmi Dirilis, Layanan Video Streaming Pesaing Netflix

Meski demikian, belum diketahui bagaimana sebenarnya komposisi pelanggan Disney Plus dan dari mana saja mereka berasal. Yang pasti, sebagian dari jumlah itu merupakan pelanggan dari operator seluler asal AS, Verizon yang mendapatkan benefit mengakses Disney Plus gratis selama satu tahun.

Nah, pelanggan Disney Plus sendiri bisa berasal dari beragam platform. Diketahui, Disney Plus bisa diakses dari beragam perangkat, mulai dari smartphone, tablet, set-top box, hingga TV dan konsol game.

Terkait smartphone, periset aplikasi Apptopia sendiri melaporkan aplikasi Disney Plus telah diunduh sebanyak 3,2 juta kali di perangkat Android dan iOS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Kamis (14/11/2019).

Untuk rincian jumlah pelanggan sendiri, pihak Disney menegaskan bahwa mereka tak akan mengumbar data tersebut, kecuali dalam momen laporan keuangan yang bakal diumumkan secara per kuartal.

Pelanggan sulit login

Meski mencatat pencapaian yang mengejutkan, peluncuran Disney Plus juga turut diwarnai dengan beragam masalah. Salah satunya adalah banyaknya keluhan pengguna yang menyatakan layanan sulit diakses.

Baca juga: GoJek Luncurkan GoPlay, Layanan Streaming Pesaing Netflix

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.