Produksi Smartphone Diprediksi Turun Dua Digit karena Wabah Corona

Kompas.com - 12/02/2020, 08:48 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Virus corona yang mewabah di China turut mempengaruhi industri smartphone global. Sebab, Negeri Tirai Bambu itu merupakan pusat manufaktur perangkat sekaligus pasar terbesar di dunia.

Firma riset TrendForce pun  memperkirakan produksi smartphone global akan turun dua digit, hingga 12 persen secara year-on-year, pada kuartal pertama 2020 menjadi 275 juta unit. Angka itu merupakan yang terendah dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: Begini Nasib Industri Smartphone di China Dilanda Wabah Corona

Menurut TrendForce, Samsung, pabrikan smartphone terbesar di dunia, tak terlalu terpengaruh wabah karena produksi perangkatnya dipusatkan di India dan Vietnam. Produksi smartphone Samsung pun diprediksi hanya turun 3 persen menjadi 71,5 juta unit.

Sebaliknya, Huawei yang lebih fokus ke pasar domestik di China semenjak masuk daftar hitam AS akan mengalami penurunan produksi lebih besar, yakni 15 persen menjadi 42,5 juta unit.

Apple yang pabrik rekanannya (Foxconn) banyak ditutup pun disinyalir akan terdampak secara signifikan dan mengalami penurunan produksi hingga 10 persen menjadi 41 juta unit, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Selasa (11/2/2020).

Pabrikan China lain diprediksi turut mengalami penurunan serupa, yakni Xiaomi sebesar 10 persen menjadi 2,47 juta unit, Oppo sebesar 14 persen menjadi 2,4 juta unit, dan Vivo sebesar 15 persen menjadi 1,5 juta unit.

Baca juga: Sony Batal Hadir di MWC 2020 karena Wabah Virus Corona

Selain produksi smartphone, wabah virus corona juga berpengaruh langsung pada ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2020 yang rencananya akan dilangsungkan di Spanyol menjelang akhir Februari.

Sejumlah perusahaan besar yang biasanya hadir di MWC, termasuk Sony, Intel, Ericsson, NTT, Amazon, Nvidia, hingga LG telah menyatakan bakal absen dari trade show tersebut.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber TechRadar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X