Kamera Galaxy S20 Ultra Bidik Objek Berjarak Ratusan Meter, Ini Hasilnya

Kompas.com - 22/02/2020, 10:11 WIB
Modul kamera belakang di Galaxy S20 Ultra. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoModul kamera belakang di Galaxy S20 Ultra.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Selain hardware mumpuni serta layar dan baterai besar, fitur unggulan dari Galaxy S20 Ultra adalah kamera belakangnya yang berjumlah hingga empat buah.

Salah satunya adalah kamera telephoto 48 megapiksel dengan tingkat zoom mencapai 100x. Artinya, tingkat pembesaran (zoom) yang dihasilkan bisa mencapai 100 kali dari kamera utama (wide).

Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra sebenarnya memiliki jangkauan “asli” alias optical zoom sebesar 4x dengan sudut pandang selebar 24 derajat dan aperture f/3.5.

Samsung menempatkan lensa telephoto ini secara menyamping dengan mekanisme periskop (folding). Sebuah prisma digunakan untuk membelokkan cahaya dari arah depan lensa menuju sensor gambar yang terletak di samping.

Dengan begini, rangkaian lensa telephoto yang panjang secara fisik bisa ditempatkan sepenuhnya di dalam bodi ponsel, alih-alih menonjol ke luar seperti pada kamera konvensional.

Selain S20 Ultra, lensa jenis periskop sebelumnya sudah lebih dulu diterapkan di Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x zoom.

Namun, dibanding semua ponsel yang ada di pasaran sekarang, Galaxy S20 Ultra menawarkan tingkat zoom tertinggi.

Baca juga: Mengukur Kinerja Samsung Galaxy S20 Ultra, Seberapa Kencang?

Hasil jepretan “ Zoom 100x” Galaxy S20 Ultra

Samsung menerapkan teknologi “Hybrid Optical Zoom” berupa gabungan optical zoom asli dan pembesaran digital untuk memperpanjang jangkauan zoom Galaxy S20 Ultra hingga 10x.

Sampai tingkat zoom 10x itu, Samsung mengklaim tidak ada penurunan kualitas gambar (lossless) kendati sebagian pembesaran dilakukan secara digital. Resolusi awal dari kamera telephoto ini memang sudah tinggi, 48 megapiksel, dengan resolusi output 12 megapiksel.

Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru aktif di tingkat zoom 4x (foto kanan). Sebab itu, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan tingkat zoom 1,1x hingga 3,9x (foto kiri) yang merupakan hasil pembesaran dari kamera wide 108 MP.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru aktif di tingkat zoom 4x (foto kanan). Sebab itu, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan tingkat zoom 1,1x hingga 3,9x (foto kiri) yang merupakan hasil pembesaran dari kamera wide 108 MP.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X