Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Pidato di Jakarta, CEO Microsoft Sebut Ria Miranda dan Michael Sitorus

Kompas.com - 28/02/2020, 07:14 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Microsoft Satya Nadella menjadi pembicara kunci dalam acara konferensi developer Indonesia Digital Economy Summit 2020 yang digelar Microsoft di kawasan SCBD Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Di akhir pidato, Nadella menyampaikan kekagumannya pada dua sosok asal Indonesia. Salah satunya adalah Ria Miranda, wanita 34 tahun asal kota Padang, Sumatera Barat, yang merupakan perancang hijab terkenal.

Baca juga: CEO Microsoft Hadiri Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Jakarta

Ria menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) buatan Microsoft yang bernama Rinna untuk menghasilkan aneka desain hijab dari beragam kata kunci, seperti "romantic", "vintage", "youth", "freedom", dan sebagainya.

"Ia (Ria) menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk membawa kreativitasnya ke tingkat yang lebih tinggi," kata Nadella di atas panggung acara Indonesia Digital Economy Summit 2020.

Desainer Ria MirandaKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Desainer Ria Miranda

Menurut Nadella, apa yang dilakukan Miranda saat ini menggambarkan bagaimana teknologi mampu berdampak positif terhadap kreativitas pola bisnis usaha.

Selain Miranda, Nadella juga kagum dengan pemuda 16 tahun asal Indonesia yang bernama Michael Sitorus.

Baca juga: Jokowi: Ekonomi Digital Indonesia Terbesar di Asia Tenggara

Menurut dia, Michael yang berasal dari Ungaran, Jawa Tengah, sukses melestarikan budaya Indonesia lewat dunia virtual, dengan cara membangun Monumen Nasional (Monas) dan Candi Borobudur di dalam game Minecraft yang juga dimiliki oleh Microsoft.

"Dia menciptakan menara yang inspiratif, yaitu Monumen Nasional dan Candi Borobudur di dunia virtual yang turut membantu untuk melestarikan budaya sejarah untuk generasi mendatang," pungkas Nadella.

Baca juga: Bicara Ekonomi Digital, Jokowi Curhat soal Obat Penggemuk di Instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com