Masuk Indonesia, DSLR Canon EOS-1DX Mark III Dijual Rp 110 Juta

Kompas.com - 28/02/2020, 09:07 WIB
Kamera DSLR Canon EOS-1DX Mark III CanonKamera DSLR Canon EOS-1DX Mark III
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada Januari lalu, kamera DSLR teratas dari Canon, EOS-1DX Mark III, kini telah dipasarkan di Indonesia lewat PT Datascrip selaku distributor resmi produk Canon.

EOS-1DX Mark III dirancang sebagai DSLR tangguh dengan bodi berbahan magnesium alloy yang tahan terhadap debu serta cipratan air, untuk menunjang pekerjaan para profesional seperti fotografer olahraga, satwa liar, hingga jurnalistik.

Resolusi sensor full frame EOS-1DX Mark III yang sebesar 20,1 MP mirip dengan pendahulunya, tapi kini menggunakan filter High Detail Low-Pass yang diklaim mampu menghasilkan jepretan lebih tajam.

Baca juga: Kamera Mirrorless Termungil dari Canon Dijual Rp 8 Jutaan di Indonesia

Sensor tersebut dipadukan dengan prosesor pengolah gambar Digic X. Tingkat sensitivitasnya sebesar ISO 100-102.400 (native) yang bisa dikembangkan menjadi ISO 50-819.200.

Canon mengklaim prosesor ini memiliki kinerja pengolahan AF yang 380 kali lebih baik dibandingkan chip Digic 6+ di EOS 1D-Mark II, berikut performa pengolahan gambar yang 3,1 kali lebih tinggi.

Kamera DSLR Canon EOS-1DX Mark IIICanon Kamera DSLR Canon EOS-1DX Mark III
Sistem autofokus EOS-1DX Mark III sendiri terdiri dari 191 titik AF (65 cross type) yang mampu melacak kepala dan wajah subyek.

Burst rate mencapai 16 FPS untuk pemotretan dengan viewfinder atau 20 FPS untuk pemotretan dengan mode Live View lewat LCD.

“Kehadiran EOS-1DX Mark III menjadi jawaban dari penantian fotografer profesional yang mendambakan kamera dengan kualitas gambar, kecepatan, dan daya tahan di atas rata-rata,” ujar Ass. Director Canon Marketing Division Datascrip Sintra Wong.

Kemampuan video EOS-1DX Mark III ikut diperbarui dan kini sanggup merekam hingga resolusi 5.5K RAW 60 FPS secara internal, 4K 60 FPS tanpa cropping, dan 1080p dengan frame rate hingga 120/ 100 FPS.

Mekanisme shutter dan mirror pada EOS-1DX Mark III memiliki rating 500.000 siklus kerja. Sementara media penyimpanan datanya menggunakan dual slot CFexpress dengan kecepatan transfer data mencapai 2 GB per detik.

Baca juga: Harga Canon G7X Mark III di Indonesia dan Bedanya dengan Mark II

Keperluan transfer foto dan video ke perangkat lain didukung oleh konektor SuperSpeed Plus USB (USB 3.1 Gen 2) berkecepatan tinggi. Kamera ini juga dibekali konektivitas WiFi dengan fungsi FTP sehingga bisa dipakai mentransfer gambar tampa perangkat tambahan.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (28/2/2020), PT Datascrip memasarkan Canon EOS-1DX Mark III dengan banderol harga Rp 110.000.000 (body only).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X