Belajar dari Video YouTube, Pria Ini Bangun Rumah Sendiri

Kompas.com - 05/03/2020, 07:05 WIB
Potret rumah Graham Harley SWNSPotret rumah Graham Harley

KOMPAS.com - Di YouTube ada berbagai video tutorial, seperti cara menggunakan aplikasi, memasak, bahkan bagaimana membuat rumah. Itulah yang ditonton oleh seorang pria asal Inggris bernama Graham Harley.

Bapak dua anak ini berhasil membangun rumah sendiri, hanya dengan bermodal menonton tutorial di YouTube dan membaca buku-buku panduan. Dia belajar segala hal terkait pembangunan rumah, mulai dari cara plester tembok hingga menyusun atap. 

Padahal, sebelumnya Harley yang pekerja bidang IT sama sekali tak punya pengetahuan atau pengalaman konstruksi.

Baca juga: Pengguna YouTube di Indonesia Doyan Nonton Iklan Humor

Harley memulai proyek besarnya pada 2008 dengan membeli sebuah rumah tua di daerah Ringwood, New Hampshire. Bangunan lama digusur, lalu dia mulai membikin rumah barunya.

Butuh waktu 10 tahun hingga proyek ini bisa selesai pada 2018. Selama konstruksi, Harley beserta istri dan anaknya tinggal dalam karavan yang diparkir di dekat lokasi rumah.

Interior rumah yang dibangun sendiri oleh Graham HarleySWNS/ Tom Wren Interior rumah yang dibangun sendiri oleh Graham Harley

"Keluarga saya sangat mendukung," ujar Harley, seperti dihimpun KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (5/3/2020). "Semuanya butuh waktu lebih lama karena saya melakukannya sambil belajar," lanjut dia.

Penantian panjang Harley dan keluarga terbayar oleh rumah impian mereka yang berdesain modern dengan lima kamar tidur, dua kamar mandi, serta ruang keluarga berukuran besar yang menyatu dengan dapur.

Harley menghabiskan total dana sebesar 140.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,5 miliar untuk mengerjakan proyek rumah bikinan sendiri.

Baca juga: Inilah 10 Iklan Terpopuler YouTube Indonesia di 2019

Angka itu jauh lebih rendah dibandingkan harga rumah sebanding yang harganya bisa mencapai 450.000 poundsterling atau sekitar Rp 8,1 miliar.

"Saya punya teman yang membantu menyediakan material bangunan," kata Harley. "Biaya sehari-hari juga murah. Ada penghangat air bawah tanah yang sepenuhnya menggunakan listrik, tanpa gas," imbuhnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Dailymail
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X