Oppo Find X2 dan X2 Pro Punya Chip Khusus untuk Layar, Fungsinya?

Kompas.com - 11/03/2020, 07:02 WIB
(ka-ki) Layar Find X2 dan Find X2 Pro. Kompas.com/Wahyunanda Kusuma(ka-ki) Layar Find X2 dan Find X2 Pro.

SWISS, KOMPAS.com - Oppo baru saja merilis dua smartphone flagship terbaru mereka, yakni Find X2 dan Find X2 Pro. Dibanding pendahulunya, secara spesifikasi banyak peningkatan yang diusung.

Salah satunya ada di sektor layar. Oppo bahkan menanamkan chip khusus berukuran 0,8 mm di dalam layar Find X2 dan Find X2 Pro, yang diberi nama 01 Ultra Vision Engine.

Saat acara peluncuran Find X2 dan Find X2 Pro, Michael Tran Head of Strategy & Product Marketing Oppo Western Europe mengatakan, chip ini fokus pada dua hal, yakni motion clear dan HDR enhancer.

Motion clear menitikberatkan pada dukungan peningkatan gambar per detik (frame per second/fps). Umumnya, perangkat yang beredar saat ini hanya mendukung pengalaman menonton video pada 24 fps atau 30 fps.

Baca juga: Membandingkan Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Apa Saja Bedanya?

Namun dengan chip 01 Ultra Vision, kemampuan video bisa ditingkatkan ke 60 fps bahkan 120 fps. Sederhananya, jika pengguna mengaktifkan fitur 01 Ultra Vision di pengaturan layar, video yang ditonton akan menjadi lebih mulus meskipun memiliki fps di bawah 120.

"Jadi walaupun videonya adalah video 90 fps, ketika fitur itu dinyalain, videonya akan tetep smooth seperti di 120 fps," jelas Aryo ketika ditemui KompasTekno dalam sebuah acara di Swiss akhir Februari lalu.

Sementara HDR enhancer mendukung konversi video dari SDR (standart dynamic range) ke HDR (high dynamic range). Artinya, video yang ditampilkan akan lebih jernih dan warnanya menjadi lebih tajam.

Selain chip 01 Ultra Vision, layar Find X 2 dan Find X2 Pro juga dibekali refresh rate 120 Hz.
Refresh rate ini bisa diubah secara manual di pengaturan layar dan bisa digunakan pada resolusi maksimal yakni QHD Plus.

Dengan pengaturan refresh rate 120 Hz di resolusi maksimal, layar akan menjadi lebih mulus saat digulirkan. Fitur ini menjadi favorit para gamer mobile, karena kemampuan ini membuat visualnya tidak patah-patah saat jari menggulir layar dengan cepat.

Baca juga: Spesifikasi serta Harga Oppo Find X2 dan Find X2 Pro di Indonesia

Namun perlu diingat, pengaturan ini cukup makan banyak daya. Brian Shen, Vice President and Peesident of Global Marketing Oppo mengatakan, fitur ini bisa menyedot daya hingga 10 persen lebih banyak.

Tapi, Oppo membekali Find X2 dan Find X2 Pro dengan pengisi daya super cepat buatannya, yakni SuperVOOC 2.0 dengan keluaran arus 65 watt. Oppo mengklaim, SuperVOOC 2.0 bisa mengisi daya baterai Find X2 Pro yang berkapasitas 4.260 mAh dalam waktu 38 menit.

Kemungkinan lama waktu isi daya sedikit lebih cepat di Find X2 yang memiliki kapasitas baterai 4.200 mAh.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X