Aplikasi Benchmark AnTuTu Hilang dari Play Store

Kompas.com - 08/03/2020, 14:10 WIB
Ilustrasi AnTuTu Android PoliceIlustrasi AnTuTu

KOMPAS.com - Aplikasi benchmark  AnTuTu, dihapus dari toko aplikasi Google Play Store. Ada tiga aplikasi AnTuTu yang dihapus, yakni AnTuTu 3DBench, AnTuTu Benchmark, dan AlTuTu Benchmark. 

Belum dapat dipastikan mengapa Google menghapus ketiga aplikasi AnTuTu, dari toko aplikasi miliknya. Namun, ada dugaan bahwa penghapusan ini merupakan tindakan tegas dari Google terhadap pihak pengembang AnTuTu.

Ketiga aplikasi AnTuTu itu diduga memiliki hubungan dengan Cheetah Mobile, perusahaan pengembang software yang berasal dari China. 

Baca juga: Ini Sebab Google Hapus Software Benchmark AnTuTu dari Play Store

Hal tersebut terlihat dari kebijakan dan privasi yang tertera pada kolom informasi aplikasi AnTuTu. Pada kolom tersebut, tercantum sebuah tautan yang mengarah langsung ke halaman resmi Cheetah Mobile. 

Cheetah Mobile diketahui kerap melakukan pelanggaran atas kebijakan Google. Sebagai tindakan tegas, Google telah mencabut semua aplikasi yang dikembangkan Cheetah Mobile dari Play Store pada bulan lalu.

Ketiga aplikasi AnTuTu itu pun diduga hilang dari toko aplikasi Play Store karena kebijakan Google tersebut.  

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Minggu (8/3/2020), berdasarkan informasi dari perusahaan analitik AppBrain, sederet aplikasi AnTuTu tersebut baru saja diperbarui pada tanggal 13 Februari lalu. 

Meski diduga ada ikatan dengan Cheetah Mobile, halaman resmi AnTuTu tidak mencantumkan sedikit pun keterangan terkait pengembang software asal China tersebut.

Baca juga: Daftar Ponsel Kelas Atas dan Menengah Terkencang Menurut AnTuTu

Namun sebuah perusahaan penyedia data bisnis di China, menyebut bahwa Manajer AnTuTu Technology yang berbasis di Beijing, Fu Seng, juga menduduki jabatan sebagai CEO Cheetah Mobile.  

Belum ada keterangan resmi baik dari Google maupun pihak AnTuTu terkait hilangnya sederet aplikasi AnTuTu dari toko aplikasi Play Store ini. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X