Cara Menggunakan Google Hangouts Meet untuk Rapat dari Rumah

Kompas.com - 17/03/2020, 16:07 WIB
Ilustrasi Google Hangouts Meet. xda-developersIlustrasi Google Hangouts Meet.

KOMPAS.com - Untuk mencegah persebaran corona yang semakin meluas, tak sedikit perusahaan yang memberlakukan kebijakan work from homeatau bekerja dari rumah. 

Bekerja dari rumah, bukan berarti harus mengorbankan produktivitas. Kendati pertemuan tatap muka ditiadakan, ada cara lain untuk melakukan rapat guna membahas hal penting dari rumah masing-masing.

Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan video conference. Ada sejumlah aplikasi yang dapat digunakan untuk video conference, baik melalui perangkat komputer maupun smartphone.

Salah satu yang bisa digunakan adalah aplikasi Hangsout Meet. Aplikasi buatan Google ini sejatinya premium alias berbayar.

Namun, Google menggratiskan layanan ini hingga 1 Juli 2020 untuk membantu para pekerja yang bekerja dari rumah demi menghindari virus corona.

Tak hanya untuk menggelar rapat, Hangouts Meets juga bisa digunakan untuk pertemuan lain, seperti kegiatan belajar mengajar. 

"Karena semakin banyak karyawan, pendidik, dan siswa yang bekerja dari jarak jauh sebagai respons penyebaran virus COVID-19, kami ingin membantu mereka untuk tetap terkoneksi dan produktif," tulis Google dalam blog resminya, dirangkum KompasTekno dari Search Engine Journal, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: 7 Aplikasi untuk Rapat dari Rumah lewat Smartphone

Hangouts Meet ini bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu telekonferesi. Siaran langsung telekonferensi bisa ditonton hingga 100.000 penonton dengan satu domain.

Cara memulai rapat menggunakan Hangouts Meet

Hangouts Meet terintegrasi dengan G Suite dan hanya pemilik akun G Suite saja yang bisa mengadakan rapat online di Hangouts Meet. G Suite pun menawarkan uji coba gratis selama 14 hari yang bisa diakses melalui tautan berikut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X