Internet IndiHome Dilaporkan Bermasalah di Jakarta Barat dan Utara

Kompas.com - 17/03/2020, 17:36 WIB
Ilustrasi Indihome Doc. Telkom IndonesiaIlustrasi Indihome
|
Editor Oik Yusuf

Update: Perwakilan IndiHome mengakui bahwa memang terjadi gangguan massal di Jl. Raya Kebon Jeruk. Layanan IndiHome telah normal di wilayah tersebut pada 18 Maret 2020. 

KOMPAS.com - Di saat pemerintah menganjurkan masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah, layanan internet dan TV kabel IndiHome justru dilaporkan mengalami gangguan.

Sebagian pengguna IndiHome mengeluh layanan internet dan TV kabelnya terputus sejak Senin (16/3/2020). Dari pantauan KompasTekno di linimasa Twitter, keluhan ini datang dari pengguna IndiHome di Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Baca juga: IndiHome Incar 1,3 Juta Pelanggan Baru pada 2020

Dita (30), salah seorang pelanggan IndiHome di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengaku internet IndiHome di rumahnya sudah tidak bisa digunakan sejak Senin pagi.

"(Lampu) modemnya kedip-kedip merah LOS," tulis Dita lewat pesan instan kepada KompasTekno.

Customer service IndiHome memberitahukan penyebab gangguan sambungan internet di kawasan Jakarta Barat yang terjadi mulai Senin (16/3/2020)KOMPAS.com/ RESKA K NISTANTO Customer service IndiHome memberitahukan penyebab gangguan sambungan internet di kawasan Jakarta Barat yang terjadi mulai Senin (16/3/2020)
Saat menghubungi IndiHome melalui akun Twitter, menurut Dita, petugas customer service IndiHome mengatakan sedang ada pemeliharaan jaringan.

"Estimasinya 24 jam," kata Dita.

Namun hingga Selasa (17/3/2020), pukul 16.30 WIB, layanan internet IndiHome tak kunjung pulih.

Sebagai alternatif, Dita harus mengandalkan sinyal seluler untuk mengakses internet lewat laptop, dengan mekanisme tethering.

Baca juga: Dukung Kebijakan Kerja dari Rumah, Operator Seluler Tingkatkan Bandwidth

KompasTekno pun berusaha menghubungi teknisi IndiHome.

Menurut teknisi yang tidak bersedia disebut namanya itu, di sebagian wilayah Jakarta Barat memang sedang ada gangguan kabel.

"Baru tadi pagi ketemunya (lokasi kabel bermasalah), estimasi bisa sehari lagi, soalnya bukan kami yang ngerjain kalau kabel besar," kata teknisi tersebut.

Dengan adanya imbauan  work from home untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19, sambungan internet saat ini dibutuhkan oleh sebagian warga Jakarta.

Baca juga: Tokopedia Gratiskan Ongkir, Pengguna Bisa Belanja Tanpa Keluar Rumah

Pemprov DKI juga telah menginstruksikan kantor-kantor dan perusahaan membolehkan karyawannya bekerja dari rumah.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X