Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netflix Sumbang Rp 1,5 Triliun untuk Industri Kreatif Terdampak Corona

Kompas.com - 22/03/2020, 19:45 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Netflix

KOMPAS.com - Wabah corona yang terus meluas turut memengaruhi sejumlah sektor bisnis di dunia, tak terkecuali industri hiburan. Hal ini membuat Netflix tak tinggal diam.

Penyedia layanan streaming video on-demand ini mengonfirmasi bahwa mereka telah menyiapkan dana 100 juta dollar AS (Rp 1,5 triliun) yang bakal disumbangkan ke sejumlah pihak di industri kreatif yang sedang dilanda kesulitan akibat Covid-19.

"Kami mengumpulkan dana 100 juta dollar AS untuk membantu komunitas kreatif melewati masa-masa sulit," ujar Chief Content Officer Netflix, Ted Sarandos.

Menurut Sarandos, dana ini akan diprioritaskan kepada seluruh karyawan dan awak produksi Netflix di seluruh dunia.

Kucuran dana tersebut menjadi penghasilan tambahan di luar gaji dua mingguan yang sebelumnya telah dibayarkan oleh pihak Netflix kepada para pegawainya.

Baca juga: Perangi Hoaks Corona, WhatsApp Bikin Website dan Sumbang Rp 15 Miliar

Dari 100 juta dollar AS tersebut, Netflix akan mengucurkan dana 15 juta dollar AS (Rp 236 miliar) kepada sejumlah lembaga kreatif pihak ketiga di seluruh dunia yang hingga saat ini membantu bisnis produksi Netflix.

Adapun sejumlah organisasi amal yang ada di Amerika Serikat seperti SAG-AFTRA Foundation Covid-19 Disaster Fund, Motion Picture and Television Fund, hingga Actors Fund Emergency Assistance, akan mendapatkan donasi masing-masing sebesar 1 juta dollar AS. 

Sementara di Kanada, Netflix juga akan membagikan dana sebesar 1 juta dollar AS untuk badan amal AFC dan Fondation des Artistes

Sarandos melanjutkan, bantuan tersebut juga akan disalurkan ke sejumlah lembaga kreatif di beberapa kawasan di luar AS yakni mencakup Eropa, Amerika Latin, serta Asia.

Baca juga: AS Gunakan Data Lokasi dari Smartphone untuk Pantau Persebaran Corona

Dirangkum KompasTekno dari blog resmi Netflix, Minggu (22/3/2020), belum diketahui berapa besaran dana yang akan disalurkan.

Pihak Netflix berjanji bakal memberikan detail terkait siapa saja pihak yang akan mendapatkan bantuan ini dalam beberapa waktu ke depan.

"Kami akan mengumunkan rincian dari donasi ke beberapa lembaga di negara lain (selain AS dan Kanada) minggu depan," pungkas Sarandos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com