Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Nomor WhatsApp WHO untuk Bertanya Seputar Wabah Covid-19

Kompas.com - 23/03/2020, 17:32 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Organisasi kesehatan Dunia (WHO) resmi meluncurkan chatbot WhatsApp Covid-19, untuk mengetahui perkembangan informasi seputar pandemi yang diakibatkan olh virus corona.

Setelah diumumkan WHO dan Whatsapp melalui website resminya pada Jumat (20/3/2020), chatbot itu sudah bisa diakses masyarakat mulai Sabtu (21/3/2020) lalu

Masyarakat bisa mengakses chatbot dengan menyimpan nomor +41 79 893 1892 atau cukup dengan meng-klik tautan berikut ini.

Baca juga: Chatbot WhatsApp Covid-19 dari Pemerintah Sudah Bisa Diakses

Layanan chatbot WhatsApp ini mencakup informasi seperti situasi, jumlah kematian, kesembuhan, dan informasi lainnya selama 7 hari 24 jam. Layanan ini akan menanggapi serangkaian informasi dan akan diperbarui setiap hari dengan informasi terbaru.

"Layanan yang mudah digunakan ini memiliki potensi untuk mencapai 2 miliar orang dan memungkinkan WHO menyampaikan informasi langsung ke orang-orang yang membutuhkan," tulis WHO dalam siaran resminya, dikutip KompasTekno Senin (23/3/2020).

Saat pengguna mengakses layanan ini, WHO juga memberikan informasi resmi tentang topik-topik seperti bagaimana melindungi diri dari infeksi korona, saran wisata, dan membongkar mitos coronavirus baru, hingga layanan donasi.

Layanan chatbot ini masih menggunakan bahasa Inggris, namun kedepannya direncanakan akan tersedia dalam bahasa Arab, China, Perancis dan Spanyol.

Baca juga: Google Luncurkan Halaman Khusus Informasi Virus Corona

Di Indonesia sendiri, Pemerintah juga bekerja sama dengan WhatsApp meluncurkan akun chatbot WhatsApp Covid-19, yang bisa diakses masyarakat untuk mengetahui perkembangan pandemi virus corona di Indonesia.

Akun chatbot yang dikelola oleh pemerintah RI sendiri (bukan WHO) itu sudah bisa diakses masyarakat mulai Jumat (20/3/2020).

Masyarakat Indonesia bisa mengakses chatbot dengan menyimpan nomor +62811-3339-9000 atau dengan klik tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com