iOS 13.4 Dilaporkan Bikin FaceTime "Error"

Kompas.com - 03/04/2020, 17:03 WIB
Aplikasi video call FaceTime buatan Apple. Apple InsiderAplikasi video call FaceTime buatan Apple.

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Apple menggulirkan pembaruan iOS 13.4 untuk pengguna iPhone dan iPad. Update ini dilaporkan malah membawa masalah.

Beberapa pengguna melaporkan aplikasi panggilan video atau audio FaceTime mereka mengalami error. Masalah yang dialami berupa tidak bisa melakukan FaceTime atau menerima panggilan FaceTime.

Tidak cuma iOS 13.4. Masalah ini juga dialami pengguna MacOS 10.15.4. Rupanya, masalah ini hanya terjadi saat melakukan FaceTime antara perangkat baru dan perangkat lama.

Baca juga: Cerita Gamer 14 Tahun yang Temukan Celah Fatal di FaceTime

Perangkat baru yang berjalan dengan iOS 13.4 atau MacOS 10.15.4, tidak dapat melakukan FaceTime - baik audio atau video - dengan perangkat lawas yang berjalan dengan sistem operasi lama.

Perangkat lawas seperti iPod Touch generasi kelima, iPad mini generasi pertama, iPhone 4S, iPad generasi ketiga, dan iPad 2 baru saja mendapatkan pembaruan iOS 9.3.5 dan 9.3.6.Pembaruan tersebut adalah yang terkini bagi perangkat-perangkat tersebut.

Tak bisa komunikasi di tengah wabah

Masalah lain muncul karena sebagian pengguna iPhone dan iPad lawas merupakan orang yang berusia lanjut

Sementara, saat ini negara-negara di dunia sedang giat menggencarkan social distancing demi meminimalisir penularan Covid-19. Error FaceTime pun menghambat komunikasi antara generasi tua dan muda pengguna perangkat Apple.

Baca juga: Apple Beri Beasiswa Remaja yang Temukan Bug di FaceTime

Beberapa pengguna mengeluhkan masalah ini ke akun Twitter @AppleSupport. Salah satunya adalah pengguna iPhone dengan nama akun @jonnycastaway.

Ia mengatakan error FaceTime membuat dirinya dan dua anaknya tidak bisa berkomunikasi dengan nenek mereka yang berusia 90 tahun.

Hal serupa juga dikeluhkan pengguna dengan nama akun @bertrum. Ia mengaku tidak bisa menghubungi ibunya yang sedang diisolasi melalui FaceTime.

FaceTime kemungkinan mengalami error karena bug. Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Jumat (3/4/2020), Apple belum memberi tanggapan terkait hal ini.

iOS 13.4 dirilis Apple akhir Maret lalu. Sejumlah fitur baru disematkan ke pembaruan tersebut. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna membagikan folder iCloud Drive dari aplikasi Files.

Baca juga: Apple Rilis iOS dan iPadOS 13.4, Apa Saja Fitur Barunya?

Apple juga menghadirkan sembilan stiker Memoji baru dan pembaruan pada toolbar di aplikasi Mail. iOS 13.4 bisa diunduh oleh pengguna iPhone 6S atau yang lebih baru.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber MacRumors
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X