Sony Ungkap Wujud DualSense, "Controller" Baru untuk PS5

Kompas.com - 08/04/2020, 13:51 WIB
Wujud DualSense, kontroler PlayStation 5 Blog PlaystationWujud DualSense, kontroler PlayStation 5

KOMPAS.com - Sony resmi mengumumkan wujud baru controller PlayStation (PS) 5, yang diberi nama DualSense. Berbeda dengan DualShock 4 pada PS4, Sony mengusung desain baru yang terkesan lebih modern pada DualSense.

Sekilas, DualSense memiliki desain yang nampak serupa seperti controller Xbox X Series, dengan sudut-sudut yang lebih membulat pada tepian bodinya sehingga memberikan kesan ramping, meskipun Sony menambahkan beberapa komponen baru.

Controller PlayStation sebelumnya hanya berwarna tunggal, namun DualSense tampil beda dengan konsep duo-tone paduan hitam dan putih.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi PS5 Vs PS4, Sejauh Apa Peningkatannya?

Light Bar yang tadinya diposisikan di bagian depan DualShock 4 berganti posisi ke sela-sela touchpad untuk memberikan kesan lebih mewah. Perbedaan lainnya, tombol "Share" kini diganti menjadi tombol "Create". Fungsinya masih belum dirinci secara mendetil oleh Sony.

"DualSense menandai perubahan radikal dari controller sebelumnya, untuk menunjukkan lompatan besar yang dilakukan melalui PS5," ujar President dan Sony Interactive Entertainment Jim Ryan di Blog PlayStation, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (8/4/2020).

Kata "Sense" dari DualSense mengacu pada tambahan fitur anyar macam haptic feedback untuk memberikan sensasi berbeda-beda lewat controller saat bermain game, misalnya getaran ketika mengendarai mobil melalui lumpur.

Tombol L2 dan R2 pada DualSense turut dibekali adaptive trigger sehingga pemain bisa merasakan sensasi feedback lebih kentara, seperti saat menarik busur sebelum melepaskan anak panah.

Baca juga: Konsol Game Super Langka Nintendo PlayStation Terjual Rp 5,2 Miliar

Controller PS5 ini juga hadir dengan microphone bawaan, sehingga pemain tak perlu repot- repot menggunakan headset untuk melakukan obrolan singkat dengan gamer lain. Untuk mengobrol dalam waktu lama, Sony tetap merekomendasikan headset.

Dalam pernyatan di Blog PlayStation, Ryan kembali menegaskan bahwa konsel PS5 sendiri akan diluncurkan pada musim liburan akhir tahun 2020. "Kami akan membagikan detil lebih lanjut mengenai desain PS5 dalam beberapa bulan ke depan," pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X