Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Rilis Tuned, Aplikasi Chatting Khusus Pasangan

Kompas.com - 08/04/2020, 18:16 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Facebook memiliki tim New Product Experimentation (NPE) yang bertugas menelurkan aplikasi-aplikasi jenis baru. Produk teranyarnya adalah Tuned, aplikasi yang dirancang khusus untuk pasangan.

Lewat aplikasi ini, pasangan yang sedang kasmaran bisa saling berbagi kenangan dan hal-hal lain meskipun terpisah jarak. Selain hal mendasar seperti foto, Tuned juga dapat mengirimkan voice memo, cards, notes, custom sticker, hingga playlist Spotify ke pujaan hati.

Baca juga: Facebook Punya Halaman Khusus untuk Informasi Resmi Seputar Covid-19

Facebook mengatakan bahwa, dengan Tunes, pasangan bisa berkomunikasi "apa adanya" seperti saat benar-benar bertemu muka.

"Ekspresikan cinta Anda, bagikan mood Anda, tukarkan musik, dan buat scrapbook berisi kenangan," kata Facebook mengajak. 

Tuned diklaim sebagai aplikasi "privat". Tapi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu (8/4/2020), belum ada keterangan jelas apakah aplikasi ini diamankan dengan ekripsi seperti WhatsApp atau tidak.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap atau Dark Mode Facebook Versi Web

Meski dibuat untuk menghubungkan pasangan, Tuned baru tersedia untuk perangkat iPhone dan iPad di toko aplikasi iOS sehingga belum bisa dipakai oleh dua orang yang salah satu atau keduanya memakai Android, seperti tercermin di komentar seorang reviewer di App Store.

"Kekasih saya dan saya tidak bisa menggunakannya karena dia menggunakan Samsung, semoga juga tersedia di luar perangkat Apple," ujar reviewer berama Rob-o 26 itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com