Ini Rencana PUBG Berantas Pemain yang Curang

Kompas.com - 27/04/2020, 07:25 WIB
Ilustrasi game PUBG GameRantIlustrasi game PUBG

KOMPAS.com - Demi menjaga game tetap dalam lingkungan persaingan yang sehat, pengembang game tentu berupaya menekan kemunculan pemain curang alias cheater, yang sering berkeliaran di platform mereka.

Hal itulah yang dilakukan oleh PUBG Corp, pengembang dari game battle royale populer, PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG).

Lewat blog resminya, PUBG membeberkan apa saja yang akan dilakukan untuk memerangi cheater dengan beberapa kebijakan baru. Sebagai langkah awal, PUBG Corp akan menambahkan sistem keamanan verifikasi dua langkah.

Jadi, pemain yang ingin berpartisipasi ke dalam mode ranked harus melewati dua tahap keamanan terlebih dahulu, dengan memasukkan kata sandi akun, serta kode yang dikirimkan melalui SMS.

Baca juga: Update PUBG Mobile, Suhu Dingin Vikendi Bikin Nyawa Berkurang

PUBG Corp juga berencana untuk meningkatkan kode keamanan pada item in-game, seperti pada senjata, kendaraan serta karakter pemain.

Hal ini sengaja dilakukan agar cheater tak lagi bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memanipulasi item dalam game.

Dirangkum KompasTekno dari GameRant, Senin (27/4/2020), hingga saat ini PUBG Corp telah menon-aktifkan (ban) jutaan akun PUBG yang dilaporkan telah menggunakan cheat.

Akun yang dinon-aktifkan tersebut memiliki durasi yang beragam, mulai dari 24 jam hingga 10 tahun lamanya. Kendati demikian, para cheater seolah mampu mencari celah baru pada sistem keamanan game battle royale ini.

Setelah belajar dari pengalaman, pengembang asal Korea Selatan itu berniat untuk melakukan peningkatan pada sistem ban, dan memaksimalkan kualitas dan stabilitas koneksi di game PUBG.

Baca juga: Yuk, Adu Jago PUBG dan MLBB di Vivo E-sports Cup 2020

Melalui situs resmi PUBG, Executive Producer PUBG PC, Taeseok Jang menyebut bakal mewujudkan rencana tersebut lewat pembaruan (update) yang hadir pertengahan 2020 mendatang.

"Kami berencana untuk menerapkan kebijakan ini pada Juni 2020," tulis Jang.

PUBG tersedia dan dapat dimainkan diberbagai macam platform, seperti PC, PS4 dan Xbox One. PUBG juga tersedia dalam versi mobile dengan nama PUBG Mobile.

Cheater atau pemain curag bukan hanya ada di game PUBG saja. Beberapa pengembang lain seperti Infinity Ward, juga dilaporkan telah menon-aktifkan 70.000 akun pada game Call of Duty: Warzone.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Gamerant
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X