Perusahaan Israel Kembangkan Teknologi Pengenalan Wajah Bermasker

Kompas.com - 30/04/2020, 21:00 WIB
ilustrasi masker reuters.comilustrasi masker

KOMPAS.com - Perusahaan asal Israel, Corsight AI, dilaporkan tengah mengembangkan teknologi pemindai wajah. 

Berbeda dengan pemindai wajah pada umumnya, teknologi yang dikembangkan Corsight AI akan dapat mendeteksi meski tengah menggunakan masker atau penutup wajah lainnya.

Proyek ini, mendapatkan pendanaan sebesar 5 juta US Dollar (Rp 76,6 miliar) dari AWZ Ventures, sebuah perusahaan asal Kanada yang fokus pada teknologi intelijen dan keamanan.

Pihak Corsight AI mengatakan, bahwa dana tersebut akan digunakan untuk melanjutkan pengembangan proyek yang tengah digarap.

Teknologi yang dikembangkan perusahaan ini diklaim dapat mengenali serta memproses informasi rinci dari wajah seseorang melalui kamera.

Baca juga: Bos Google Sebut AI Harus Diatur Regulasi

Menurut perusahaan, teknologi ini akan berguna untuk digunakan dalam kondisi seperti pandemi Covid-19 ini.

Teknologi ini juga dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada masyarakat, khususnya yang melanggar ketentuan karantina dan bepergian ke luar rumah atau ke tempat umum sambil menutupi wajah mereka dengan masker.

Tak hanya itu, apabila seseorang dinyatakan positif Covid-19 dalam suatu wilayah,
nantinya sistem akan memunculkan pemberitahuan terkait seseorang yang telah terjangkit virus tersebut.

Corsight AI juga mengkalim bahwa pihaknya memiliki sistem permanen yang dipasang di bandara, rumah sakit di Eropa, Asia, daerah perbatasan, perusahaan tambang, hingga bank di Afrika.

Sebelumnya pada bulan Maret lalu, inisiatif serupa juga dilakukan oleh perusahaan asal China, Hanwang Technology yang menggarap teknologi pengenal wajah seseorang ketika memakai masker.

Baca juga: Peneliti Kembangkan Kecerdasan Buatan Penangkal Hoaks

Hal itu berkenaan dengan banyaknya orang yang diwajibkan menggunakan masker ketika
keluar rumah di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Kamis (30/4/2020), untuk diketahui, Corsight AI adalah perusahaan teknologi yang berbasis di Tel Aviv yang didirikan pada akhir tahun 2019 dengan memiliki sekitar 15 karyawan.

Corsight AI juga merupakan anak perusahaan dari Cortica Group, perusahaan yang mengucurkan dana sebesar 70 juta US Dollar (Rp 1,1 triliun) untuk pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X