Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2020, 16:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy Note 20 series menjadi salah satu smartphone Samsung yang dinantikan tahun ini. Beberapa pembocor gadget mulai "mengedarkan" bocoran Galaxy Note 20 di internet.

Salah satunya yang diungkap Steve Hemmerstoffer, yang membocorkan desain Galaxy Note 20 Plus. Bocoran tersebut mengungkap bahwa desain Galaxy Note 20 series masih akan sama dengan Galaxy Note 10 dan Galaxy S20.

Itu artinya Galaxy Note 20 Plus akan menggunakan desain Infinity-O atau lubang kamera yang ada di sisi atas layar. Hemmerstoffer juga mengatakan bahwa layar Galaxy Note 20 Plus akan lebih luas dibanding seri Galaxy Note yang pernah ada, yakni 6,9 inci.

Baca juga: Xiaomi Perkenalkan Mi Note 10 Lite, Berapa Harganya?

Hal itu akan memengaruhi dimensi ponsel yang mencapai 165 x 77,2 x 7,6 mm. Jika informasi tersebut benar, maka Galaxy Note 20 Plus akan sedikit lebih panjang dibanding Galaxy Note 10 Plus yang memiliki dimensi 162,3 x 77,2 x 7,9 mm.

Namun ukuran Note 20 Plus akan lebih compact dibanding Galaxy S20 Ultra, yang memiliki dimensi 166,9 x 76 x 8,8 mm. Seperti seri Galaxy Note sebelumnya, Galaxy Note 20 Plus masih akan menggunakan desain dengan sudut yang membulat.

Sisi atas ponsel tertanam in-ear speaker untuk output audio lalu di sisi kanan ponsel terdapat tombol fisik daya dan volume. Di sisi belakang tampak modul kamera dengan bingkai modul yang mirip dengan Galaxy S20.

Namun ada sesuatu yang beda, yakni lensa kamera yang dibingkai dengan cincin berwarna silver di masing-masing lensa. Sayangnya, tidak ada informasi soal spesifikasi kamera Galaxy Note 20 Plus ini.

Tapi menurut rumor yang beredar sejauh ini, kamera Galaxy Note 20 Plus akan beresolusi 108 MP untuk kamera utama, dengan lensa ultra wide angle dan periskop. Ada pula sensor 3D time of flight (ToF) yang sebelumnya juga terpasang di Galaxy Note 10.

Belum diketahui apakah Galaxy Note 20 Plus juga akan memiliki fitur Super Zoom 100x yang sebelumnya ada di Galaxy S20 Ultra atau tidak.

Baca juga: Ini Fitur Samsung Galaxy Note 10 Lite untuk Gen-Z

Untuk S Pen, kemungkinan Samsung akan kembali menempatkannya di sisi kanan bawah, seperti di Galaxy Note 9. Sebelumnya, di Galaxy Note 10, posisi S Pen dipidah di sisi kiri bawah.

Render bocoran desain Galaxy Note 20Onleaks Render bocoran desain Galaxy Note 20

Lubang jack audio 3,5 mm kabarnya juga sudah tidak akan ditemukan lagi. Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (26/5/2020) Galaxy Note 20 Plus akan dipersenjatai chipset Snapdragon 865 untuk wilayah AS.

Untuk wilayah yang selama ini kebagian chip Exynos, kemungkinan chip yang digunakan adalah Exynos 992, chipset terbaru dari Samsung. Chipset tersebut kabarnya akan lebih tangguh dibanding Exynos 990 yang tertanam di Galaxy Note 10.

Chip tersebut akan dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan memori internal 128 GB yang masih bisa diperluas dengan microSD. Galaxy Note 20 Plus disebut-sebut akan didukung layar dengan refresh rate 120 Hz dan koneksi 5G.

Baca juga: Stylus S Pen di Samsung Galaxy Note 10 Makin Canggih, Ini Fitur Barunya

Untuk software, kemungkinan akan menjalankan sistem operasi Android 10 yang dilapisi antarmuka One UI 2.1. Galaxy Note 20 Plus juga akan dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung pengisian daya cepat 45 watt.

Perlu diingat bahwa informasi ini mash bersifat rumor. Masih banyak kemungkinan spesifikasi ini berubah.

Biasanya, Samsung merilis seri Galaxy Note pada bulan Agustus. Belum diketahui apakah Samsung akan menggunakan jadwal yang sama atau tidak, mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com