Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Rilis Fitur untuk "Skip" ke Bagian Tertentu di Video Panjang

Kompas.com - 29/05/2020, 10:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, YouTube menguji coba fitur baru bernama video chapters. Fitur tersebut berguna untuk mempermudah penonton mencari bagian-bagian video yang diingkan dalam sebuah video berdurasi panjang.

Misalnya saja untuk video tutorial, tak jarang penonton mempercepat penjelasan bagian intro yang mungkin dianggap bertele-tele. Dengan chapters, penonton bisa lebih mudah meloncati (skip) bagian yang tidak diinginkan dan langsung menuju bagian yang ingin ditonton.

Baca juga: YouTube Akan Ingatkan Penggunanya untuk Istirahat

Fitur ini akhirnya dirilis resmi oleh YouTube dan akan hadir secara permanen mulai 28 Mei 2020. Fitur chapters tersedia di YouTube versi web dan mobile, baik Android maupun iOS.


Tidak hanya mudah mencari bagian video yang ingin ditonton, penonton juga bisa mengulang-ulang bagian tersebut dengan mudah.

Skip dari satu bagian pemaparan  ke bagian lain juga akan lebih mudah tanpa harus mempercepat, rewind, atau menebak-nebak menit bagian yang ingin ditonton.

Baca juga: YouTube Tak Lagi Kategorikan Video 720p sebagai High Definition

Pasalnya, chapters memiliki timestamps (penanda waktu) yang menandai setiap bagian dengan judul pembahasan. Misalnya saja, pada menit 1:00 adalah pengenalan produk, pada menit 10:00 kesimpulan, dan sebagainya.

Tangkapan layar fitue chapter di YouTube yang memudahkan penonton mencari bagian video yang diinginkan.YouTube/Podcastage Tangkapan layar fitue chapter di YouTube yang memudahkan penonton mencari bagian video yang diinginkan.

Timstamps ini berwujud garis patah-patah yang ada di di bagian control bar. Cukup arahkan kursor ke salah satu garis tersebut, maka judul pembahasan akan muncul.

Pembagian timestamps dan pembahasan mengacu pada deskripsi video yang diisi oleh kreator. Kreator bisa mulai menandai bagian video mulai menit ke 0:00.

Baca juga: PewDiePie Tandatangani Kontrak Eksklusif dengan YouTube Gaming

Tiap bagian mesti berdurasi setidaknya 10 detik dan terdiri dari minimal tiga timestamps sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Jumat (29/5/2020). Apabila kreator tidak menulis pembagian tersebut, chapters tidak akan muncul.

Ingin melihat seperti apa cara kerja video chapters? Salah satu kreator yang sudah mengaplikasikan fitur ini adalah Podcastage di videonya yang berjudul "Audient Evo 4 Audio Interface Review / Explained (Smart Gain Demo)".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com