"Pokemon Go" Tak Bisa Dimainkan di Ponsel 32-Bit, Ini Ciri-cirinya

Kompas.com - 13/06/2020, 09:50 WIB
Ilustrasi bermain Pokemon Go. PhoneArenaIlustrasi bermain Pokemon Go.

KOMPAS.com - Game Pokemon Go tak lama lagi tidak bisa dimainkan di smartphone Android berbasis 32-bit. Niantic selaku pengembang Pokemon Go, berencana menghentikan dukungan 32-bit melalui update yang akan hadir pada Agustus 2020 mendatang.

Melalui situs resminya, pengembang game asal Jepang itu membeberkan alasan di balik penghentian dukungan tersebut.

"Dengan menghapus dukungan pada perangkat Android berbasis 32-bit, kami bisa lebih fokus melakukan proses pengembangan pada sistem operasi yang lebih baru," tulis Niantic di halaman blog resminya.

Baca juga: Setahun Main Pokemon Go, Berat Badan Orang Ini Turun 63 Kg

Setelah update digulirkan, maka pemain Pokemon Go yang masih menggunakan ponsel Android 32-bit, tidak akan bisa lagi memainkan game ini. Untuk tetap bisa memainkan Pokemon Go, pemain disarankan beralih ke smartphone Android 64-bit.

Niantic turut mencantumkan ciri-ciri dan contoh smartphone yang nantinya tidak bisa menjalankan aplikasi Pokemon Go, antara lain Samsung Galaxy S4, Galaxy S5, Galaxy Note 3, Galaxy J2, dan Galaxy J3, Sony Xperia Z2 dan Z3.

Lalu ada pula Motorola Moto G (generasi pertama), Nexus 6, LG Fortune, Tribute, OnePlus One, HTC One (M8), ZTE Overture 3.

Niantic pun mengimbau kepada pemain untuk segera melakukan pengecekan spesifikasi model pada smartphone. Menurut Niantic, smartphone yang diproduksi sebelum tahun 2015, kebanyakan masih mengusung teknologi 32-bit.

Baca juga: Pokemon Go Tak Lagi Dukung Android Lawas

"Jika smartphone Anda memiliki RAM 4 GB, besar kemungkinan smartphone tersebut sudah mendukung 64-bit," imbuh Niantic sebagaimana dirangkum KompasTekno dari blog resmi-nya, Sabtu (13/6/2020).

Sebelum memindahkan akun ke smartphone baru, Niantic menyarankan agar pemain untuk menyimpan informasi penting seperti alamat e-mail dan password.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X