WhatsApp Sempat Rilis Stiker Animasi, Ini Cara Jika Ingin Mencoba

Kompas.com - 24/06/2020, 15:17 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstimewaIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Platform layanan pesan instan WhatsApp diketahui tengah mempersiapkan stiker animasi yang sempat digelontorkan kepada sebagian kecil pengguna beta.

Stiker animasi akan menjadi salah satu fitur baru WhatsApp dan sudah terendus keberadaannya sejak awal tahun 2020 ini.

Sayangnya meski sempat digelontorkan, WhatsApp menarik kembali fitur tersebut. Fitur ini sempat muncul di aplikasi beta versi 2.20.194.7 kemudian hilang pada pembaruan versi 2.20.194.9.

Situs WABetaInfo yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, sempat mengabarkan keberadaan fitur ini sebelum akhirnya hilang. Kurang lebih, stiker animasi ini mirip dengan emoji animasi di Telegram.

Baca juga: Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Bisa Cari Pesan Berdasarkan Tanggal

Stiker animasi ini juga serupa dengan yang ada pada platform Line. Stiker ini dapat bergerak lalu berhenti. Untuk "menggerakannya", pengguna harus menggulir layar dari atas ke bawah.

Sudah ada lima paket stiker animasi yang dibuat oleh WhatsApp, yakni Playful Piyomaru, Rico's Sweet Life, Moody Foodies, Chummy Chum Chums, dan Bright Days.

Stiker animasi ditandai dengan ikon "play" berupa segitiga kecil di sisi kanan nama stiker. Tanda itu tidak ditemukan di stiker statis yang ada saat ini.

Namun karena fitur ini hilang, stiker tersebut tidak bisa lagi diunduh. Kecuali, ada pengguna lain yang sudah lebih dulu mengunduh dan membagikannya ke pengguna WhatsApp lainnya.

Kendati demikian, jumlah pengguna yang sudah mengunduh stiker animasi tersebut diperkirakan masih sangat minim.

Contoh paket stiker animasi di WhatsApp dengan ikon play di sisi kanan nama stiker.Android Police Contoh paket stiker animasi di WhatsApp dengan ikon play di sisi kanan nama stiker.
Menurut informasi dari halaman WABetaInfo, stiker animasi WhatsApp ini nantinya juga akan terbuka untuk pihak ketiga. Artinya, stiker ini juga bisa dibuat oleh pihak luar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X