Facebook dan Instagram Ingatkan Pengguna untuk Pakai Master

Kompas.com - 05/07/2020, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Facebook berencana untuk menampilkan pesan khusus di tampilan linimasa media sosial besutannya. Isi pesan mengingatkan pengguna tentang pentingnya memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19.

"Saat berada di ruang publik, tutupi mulut dan hidung anda dengan penutup wajah berbahan kain," bunyi penggalan pesan tersebut.

Di bawahnya terdapat dua tombol untuk memperoleh keterangan lebih lanjut di pusat informasi Facebook tentang Covid-19, dan laman otoritas kesehatan AS, Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Baca juga: Singapura Bagikan Gadget Pelacak Covid-19 Alternatif Smartphone

Selain Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (5/7/2020), pesan serupa juga akan ditampilkan di linimasa Instagram.

Motivasi Facebook menampilkan pesan di atas tak lain untuk mengurangi penyebaran Covid-19, khususnya di AS yang belakangan mengalami kenaikan kasus positif hingga menembus angka 50.000 per hari semenjak berupaya membuka kembali ekonominya.

CDC memang menganjurkan warga AS untuk mengenakan masker demi mengurangi risiko transmisi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 lewat droplet dari hidung dan mulut.

Sayangnya, opini warga AS tentang masker terbelah. Sebagian warga menaati anjuran pemakaian masker, sementara sebagian lagi menolak karena berbagai alasan. Terlebih, Presiden AS Donald Trump tidak memberi contoh kepada publik dengan mengenakan masker.

Baca juga: Facebook Punya Halaman Khusus untuk Informasi Resmi Seputar Covid-19

Facebook sendiri mesti berupaya memerangi misinformasi tentang Covid-19 yang marak beredar di media sosialnya. Sejumlah upaya ditempuh, permasuk memberi peringatan kepada pengguna yang melihat posting berisi informasi keliru.

Rencananya Facebook dan Instagram akan mulai menampilkan pesan soal pemakaian masker pada pekan ini. Belum diketahui apakah pesan akan muncul secara global atau terbatas untuk warga di AS saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.